Selamat kepada para peserta seleksi yang lulus melalui jalur prestasi
Jambi (ANTARA) - Universitas Jambi menerima 1.795 orang calon mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) pada penerimaan tahun 2024.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unja Prof Dr Kamid MSi di Jambi, Kamis, mengatakan total jumlah pendaftar SNBP sebanyak 15.132 orang.

Selanjutnya kepada pendaftar yang lolos, kata dia, bisa melakukan pendaftaran ulang melalui website mulai 28 Maret sampai 20 April 2024.

“Selamat kepada para peserta seleksi yang lulus melalui jalur prestasi, semoga bisa menyelesaikan tahapan pendaftaran berikutnya hingga memasuki bangku kuliah," kata dia.

Kamid juga berpesan kepada pendaftar yang belum lolos harap mempersiapkan diri secara baik untuk jalur Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) maupun jalur mandiri.

"Semoga semua bisa mendapatkan program studi dan perguruan tinggi sesuai pilihannya,” katanya.

Baca juga: Unsri Palembang terima 1.749 calon mahasiswa baru melalui SNBP
Baca juga: UI terima 65 mahasiswa baru melalui jalur prestasi olimpiade


Calon mahasiswa baru Unja jalur SNBP diharapkan dapat mengecek kembali data pokok seperti nama, NIK, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, dan nama ibu kandung. ⁠

Khusus calon peserta Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) wajib mengupload bahan/berkas yang sudah ditentukan dan khusus calon mahasiswa baru Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) diwajibkan melaksanakan tes kesehatan fisik, tes narkoba, tes buta warna, serta tes lainnya yang dianggap perlu.

Pada tahun ajaran baru 2023/2025 Universitas Jambi siap menampung sebanyak 7.333 mahasiswa baru dari tiga jalur penerimaan.

Penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Kuota penerimaan mahasiswa baru untuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebanyak 2.170 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 1.260 orang, Fakultas Pertanian sebanyak 975 orang, Fakultas Sains dan Teknologi sebanyak 940 orang, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan sebanyak 780 orang, Fakultas Hukum sebanyak 720 orang, dan Fakultas Peternakan sebanyak 488 orang.

Universitas Jambi juga telah melaksanakan sosialisasi mengenai proses penerimaan mahasiswa baru di 11 kabupaten dan kota di wilayah Provinsi Jambi pada Januari 2024.

Baca juga: 24.423 siswa Jatim lolos masuk PTN jalur SNPB 2024
Baca juga: Mahasiswa Unja lolos program beasiswa IISMA ke Thailand

Pewarta: Tuyani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024