Jakarta (ANTARA) - Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang Prof. Syamsul Ma’arif mengajak masyarakat Indonesia untuk merayakan pesta demokrasi Pemilu 2024 dengan cara damai, baik di dunia nyata maupun maya.

"Kita harus merayakan demokrasi dengan cara yang damai dan mengedepankan persaudaraan," kata Syamsul dalam siaran pers diterima di Jakarta, Senin.

Dalam momentum seperti Pemilu 2024, sambung Syamsul, perbedaan pilihan adalah suatu keniscayaan. Ia mengajak masyarakat bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan agar perbedaan pilihan tersebut tidak melunturkan jati diri bangsa.

"Mari kita rawat kebersamaan dengan saling peduli dan tidak individualis. Kita harus memiliki rasa tanggung jawab bersama untuk menyelesaikan masalah-masalah secara bersama-sama," katanya.

Dia menjelaskan bahwa berdemokrasi yang sehat berarti mengerti bahwa pemilu adalah sarana untuk bersatu bukan bermusuhan. Menurutnya, keyakinan atas calon yang didukung tidak perlu menjatuhkan pilihan orang lain.

Syamsul pun berharap Pemilu 2024 dapat berjalan dengan damai dan menghasilkan pemimpin yang terbaik untuk bangsa Indonesia. Ia menekankan bahwa penting untuk sesama anak bangsa saling menghormati dan menjaga stabilitas harmoni bangsa.

"Mari kita bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Kita harus memilih pemimpin sesuai dengan pilihan masing-masing. Beda pilihan tidak masalah, yang penting kita punya presiden," ujarnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa keanekaragaman adalah modal sosial bagi Indonesia yang harus dioptimalkan dan tidak boleh dihilangkan. "Penguatan nilai-nilai kebersamaan, kohesi, dan musyawarah mufakat sangat penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," tuturnya.

Menjaga keberagaman tidak lepas dari peran tokoh agama. Menurut Syamsul, para tokoh harus bisa menjadi teladan dalam menyebarkan nilai-nilai toleransi dan perdamaian melalui perspektif ajaran agama masing-masing.

"Masyarakat sipil juga harus berperan aktif dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, dengan cara terlibat dalam berbagai kegiatan yang memperkuat nilai-nilai kebersamaan," imbuhnya.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024