Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan meninjau gudang logistik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat untuk memastikan kelancaran distribusi logistik pemilihan umum 2024.

"Kalau saya lihat ini sangat memadai, baik kantor PPK maupun gudang logistiknya. Kemudian dari aspek lainnya juga sudah dijalankan semua sesuai prosedur yang berlaku," kata Dani di Cikarang, Senin.

Dia mengatakan aspek pengamanan logistik pemilu telah dilaksanakan sesuai prosedur, begitu pula dari sisi pengawasan sudah dijalankan sesuai standar operasional prosedur mengacu ketentuan perundang-undangan.

"Tadi saya lihat juga sudah mulai distribusi ke desa-desa sehingga tinggal nanti satu malam besok kita bagi ke TPS-TPS," katanya.

Ia menyatakan persiapan terkait penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 di wilayah Kabupaten Bekasi berjalan sesuai tahapan tanpa kendala berarti, termasuk cuaca yang cukup bersahabat sehingga tidak mengganggu pendistribusian logistik.

"Diharapkan dapat terus kondusif dan nyaman sampai hari pencoblosan tanggal 14 Februari nanti," ucapnya.

Dani juga mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Bekasi juga menyelenggarakan penilaian terhadap TPS-TPS yang unik maupun ikonik dengan tujuan menarik minat masyarakat untuk datang ke TPS.

"Menjadikan suasana pemilu ini benar-benar sebuah pesta demokrasi yang sesungguhnya disambut dengan keceriaan dan juga kesadaran untuk menjalankan hak pilih," katanya.

Pemerintah daerah juga menyiapkan tenaga medis untuk siaga 24 jam pada 14-15 Februari 2024. "Di TPS juga ada nakes stand by untuk antisipasi petugas kelelahan maupun ada masyarakat yang sakit saat pencoblosan, mudah-mudahan tidak terjadi situasi seperti pemilu sebelumnya," ucapnya.

Camat Cikarang Selatan Muhamad Said mengatakan secara umum persiapan pemilu di wilayah Cikarang Selatan sudah matang. Seluruh kotak suara sudah didistribusikan ke desa-desa dan diverifikasi kesesuaian data-data yang ada oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Kemarin kita juga sudah melihat, meninjau di daerah Sukadami, di perumahan Gempol dengan Pasirsari dan kita sudah mengambil langkah-langkah preventif, menyiapkan tempat-tempat apabila nanti hujan dan rawan tergenang air maka sudah ada tempat yang kita siapkan," kata dia.

Said juga telah menyerukan setiap desa supaya ada TPS-TPS yang mengikuti lomba dengan memperlihatkan segi kreativitas dan keunikan sehingga mendapatkan penilaian yang memuaskan dari pemerintah daerah.(KR-PRA).

Baca juga: Kondisi geografis jadi tantangan distribusi logistik pemilu di Asmat
Baca juga: Bawaslu Kepulauan Seribu pastikan semua logistik selamat sampai tujuan
Baca juga: KPU Jaktim targetkan distribusi logistik selesai pada Selasa


Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024