Sentani (ANTARA) - Ketua KPU Kabupaten Jayapura, Papua Daniel Mebri mengatakan bahwa masyarakat di 139 kampung setempat bersemangat menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) guna melancarkan pemungutan suara pada Pemilu 14 Februari 2024.

Ia di Sentani, Selasa, mengatakan TPS di 568 titik  sudah mulai dikerjakan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di 139 kampung.

“Informasi yang kami peroleh dari Panitia Pemilihan Distrik (PPD) bahwa mulai kemarin  dan hari ini KPPS sudah mulai membuat TPS di 568 titik,” katanya.

Menurut Mebri, pendistribusian atau pergeseran logistik Pemilu 2024 sudah dimulai pada Minggu (11/2) 2024 yang dimulai dari distrik terjauh dan tersulit.

“Pergeseran logistik diawali dari empat distrik, kemudian hari kedua 11 distrik dan terakhir 5 distrik,” ujarnya.

Dia menjelaskan pada saat pergeseran logistik, setiap truk dikawal anggota Polres Jayapura yang membantu pengamanan hingga sampai ke distrik maupun TPS.

“Pengawalan logistik tidak hanya sampai ke distrik, tetapi polisi akan melekat hingga ke TPS, dan balik lagi dengan kotak suara tersebut ke gudang KPU di Puspenka Hawai Sentani,” katanya.

Dia menambahkan tentu dengan keterlibatan pihak keamanan TNI-Polri dan peran besar masyarakat maka diharapkan Pemilu di Kabupaten Jayapura berlangsung dengan aman dan lancar.

“Kami sangat berharap Pemilu di Kabupaten Jayapura berlangsung aman dan dapat menjadi contoh penyelenggaraan Pemilu yang berkualitas di Papua,” ujarnya.

Hari terakhir pergeseran atau pendistribusian logistik dilakukan ke lima distrik yakni Sentani daerah pemilihan (Dapil) I, Sentani Dapil II, Sentani Barat, Depapre dan Yokari dengan jumlah 268 TPS serta kotak suara 2.840.

 

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024