Jakarta (ANTARA) - Tunggal putra Alwi Farhan menyumbangkan poin kedua untuk tim putra Indonesia atas Arab Saudi pada pertandingan pertama fase grup Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia (BATC) 2024 yang digelar di Selangor, Malaysia, Selasa.

Poin kedua dipastikan setelah Alwi menang atas Muath Alghamdi dua gim langsung dengan skor 21-2, 21-10.

“Saya tentu senang karena saya bisa menyumbang poin kedua untuk Indonesia. Semoga senior-senior saya juga bisa bermain baik dan menyumbang angka,” kata Alwi, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI.

Lebih lanjut, Alwi mengatakan pertandingan pertama kali ini ia manfaatkan untuk beradaptasi dengan kondisi angin, situasi di arena pertandingan, dan karakter shuttlecock.

“Alhamdulillah bisa berjalan lancar dan apa yang dipersiapkan dari sebelumnya bisa diterapkan di lapangan,” ujar juara dunia junior 2023 tersebut.

Baca juga: Alwi Farhan siap tampil optimal bila diberi kesempatan turun BATC 2024

Ia menilai, Alghamdi memiliki kualitas yang cukup bagus, terlepas dari Alwi yang lebih mendominasi dan bisa memegang kontrol permainan.

“Melawan pemain dari Arab, saya katakan kualitasnya cukup bagus. Memang kalau dilihat dari angka memang tidak terlalu mepet. Tetapi tadi ada beberapa momen bisa terjadi reli dan tidak mudah bagi saya untuk bisa mendapatkan poin, dan ada beberapa poin yang membuat saya kewalahan juga,” jelas Alwi.

Setelah kemenangan ini, Alwi pun tak sabar untuk turun ke pertandingan-pertandingan selanjutnya di ajang beregu kali ini.

“Untuk bahan evaluasi, paling senjata dan pukulannya harus lebih dimantapkan lagi. Ini untuk menghadapi pertandingan-pertandingan selanjutnya,” kata Alwi.

Sebelumnya, tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo juga sudah meraih poin untuk skuad putra Indonesia setelah menang atas Mahid Shaikh dua gim langsung dengan skor 21-6, 21-10.

Baca juga: Chico buka perjuangan awal Indonesia di BATC dengan kemenangan

Selain Alwi dan Chico, tim putra Indonesia hari ini juga diwakili oleh Yohanes Saut Marcellyno. Sementara dari sekor ganda ada Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Tim putra Indonesia bergabung di Grup D bersama Korea Selatan, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi.

Di sisi lain, tim putri Indonesia telah membukukan kemenangan telak atas Kazakhstan 5-0 pada pertandingan pertama fase grup di BATC 2024. Tim putri Indonesia berada di Grup X bersama Hong Kong dan Kazakhstan.

Baca juga: Meilysa/Rachel sempurnakan kemenangan Indonesia atas Kazakhstan

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024