"Saya mengajak kita semua pada 14 Februari 2024, seluruh warga Al Wasliyah di Sumut mari datang ke TPS dimana kita terdaftar sebagai pemilih menggunakan hak pilih,"
Medan (ANTARA) -
Al Jam'iyatul Washliyah sebagai organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam terbesar di Sumatera Utara (Sumut) mengajak warga di Sumut mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan hak pilih.
 
"Saya mengajak kita semua pada 14 Februari 2024, seluruh warga Al Wasliyah di Sumut mari datang ke TPS dimana kita terdaftar sebagai pemilih menggunakan hak pilih," ucap Ketua PW Al Jam'iyatul Washliyah Sumut Dedi Iskandar Batubara di Medan, Selasa.
 
Pihaknya melanjutkan gunakanlah hak pilih sebagai warga Al Jam'iyatul Washliyah Sumut yang lahir pada 30 November 1930 di Kota Medan, Sumatera Utara, pada hari pemungutan suara tersebut.
 
Sesungguhnya hak suara yang dimiliki sangat menentukan pemimpin nasional dan daerah, baik presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi Sumatera Utara, dan DPRD kabupaten/kota di Sumut.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) dalam Pemilu 2024 sebanyak 10.853.940 orang.
 
Masyarakat Sumut yang terdaftar di DPT akan menggunakan hak suaranya di 45.875 TPS yang tersebar pada 6.100 kelurahan/desa di 455 kecamatan di 33 kabupaten/kota se-Sumut.
 
"Tentu saja satu suara yang kita berikan akan sangat bermanfaat bagi masa depan bangsa dan negara ini. Perbaikan dan perubahan nasib bangsa Indonesia ke depan sangat ditentukan pada hari pemungutan suara itu," tegas Dedi.
 
Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.
 
Kemudian, ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.
 
Pemilu 2024 juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.
 
Pemungutan suara Pemilu 2024 dilakukan secara serentak untuk memilih calon anggota legislatif serta presiden dan wakil presiden pada 14 Februari 2024.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima pendaftaran tiga pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye dalam Pemilu 2024 telah dilalui pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.
 
 

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024