Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng) telah menuntaskan distribusi logistik Pemilu 2024, berupa kotak surat suara dan perlengkapan lainnya di 15 kecamatan di daerah itu.
 
"Seluruh logistik pemilu untuk proses pemungutan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (tps) telah selesai didistribusikan ke semua wilayah," kata Ketua KPU Sigi Soleman, di Sigi, Selasa.

Ia mengemukakan, pendistribusian logistik pemilu dilaksanakan selama empat hari, mulai dari tanggal 9-12 Februari 2024 dengan melibatkan seluruh anggota panitia pemilihan kecamatan (ppk) dan panitia pemungutan suara (pps) masing-masing wilayah.
 
Menurut dia, pendistribusian logistik pemilu pada hari pertama difokuskan untuk wilayah kecamatan terjauh seperti Kecamatan Kulawi, Kulawi Selatan dan Pipikoro.
 
Selanjutnya, pada dua hari sebelum pemungutan suara, distribusi logistik dilakukan ke sejumlah kecamatan terdekat dari gudang logistik KPU Sigi.

"Dan pada hari terakhir, yakni tanggal 12 Februari 2024, distribusi logistik dilakukan menuju sembilan kecamatan terdekat," katanya.
 
Adapun sembilan kecamatan itu, diantaranya Kecamatan Nokilalaki, Palolo, Gumbasa, Biromaru, Dolo Selatan, Marawola, Dolo, Tanambulava dan Dolo Barat.
 
Soleman memastikan seluruh logistik pemilu telah terdistribusi ke sejumlah 826 tps yang tersebar di 15 kecamatan dan 176 desa di wilayah itu.
 
"Untuk di Kabupaten Sigi terdapat 825 tps reguler dan satu lokasi khusus di Lapas Perempuan," ujarnya.

Sementara itu, jumlah daftar pemilih tetap (dpt) di Kabupaten Sigi pada Pemilu 2024 sebanyak 191.019 orang, terdiri dari 96.846 laki-laki dan 94.173 perempuan.

Baca juga: KPU Sumsel pastikan distribusi logistik pemilu ke TPS selesai pada H-1

Baca juga: KPU Sumbawa pastikan distribusi logistik daerah 3T aman

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024