fasilitas tersebut diberikan agar bisa diakses oleh siswa dan orang tua sehingga sekolah bisa terpantau agar tidak lupa untuk melakukan finalisasi nilai siswa yang akan mendaftar SNPMB
Jakarta (ANTARA) - Ketua Pelaksana Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 Tjitjik Srie Tjahjandarie menyatakan bahwa para siswa kini bisa ikut memantau pengisian pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) yang dilakukan oleh sekolah di laman SNPMB.

"Adik-adik bisa monitoring sekolah terhadap pengisian PDSS melalui viewer monitoring PDSS, buka di laman SNPMB, ini sarana untuk saling menilik. Mohon dimanfaatkan semaksimal mungkin karena ini adalah media kita untuk saling mengoreksi," kata Tjitjik dalam sosialisasi SNPMB secara daring di Jakarta, Selasa.

Baca juga: LTMPT perpanjang waktu finalisasi pengisian PDSS

Ia menjelaskan, fasilitas tersebut diberikan agar bisa diakses oleh siswa dan orang tua sehingga sekolah bisa terpantau agar tidak lupa untuk melakukan finalisasi nilai siswa yang akan mendaftar SNPMB.

"Kita ingin semakin tahun bisa memberikan fasilitas kepada adik-adik SMA untuk saling mengecek dan menjaga, ini menjadi terobosan yang paling penting di tahun ini, juga sebagai bentuk transparansi kepada publik sejauh mana proses tersebut berjalan," ujar dia.

Ia juga menekankan kepada sekolah agar memantau dan mengingatkan para siswa kelas XII agar segera mendaftarkan akun SNPMB, mengingat tenggat waktu pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) sudah dekat, yakni pada 15 Februari 2024 pukul 15.00 WIB.

"Kepada pihak sekolah agar memantau siswa kelas XII yang ingin mendaftarkan ke perguruan tinggi negeri (PTN) agar mendaftarkan akun SNPMB dan memastikan udah klik permanen, agar memastikan data sudah tersimpan dengan benar," tuturnya.

Baca juga: Pengisian PDSS SPAN UM Perguruan Tinggi Keagamaan Islam sudah dibuka

Ia juga menegaskan, baik siswa yang mendaftar lewat jalur SNBP maupun Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), harus memiliki akun SNPMB terlebih dahulu.

"Secara spesifik, jika siswa termasuk yang memenuhi syarat atau eligible, maka dapat mendaftarkan ke SNBP, yang menetapkan yakni sekolah. Jangan lupa siswa juga harus mempunyai akun SNPMB, karena akun ini tidak hanya digunakan untuk mendaftarkan SNBP, tetapi juga SNBT," paparnya.

Agar siswa dapat membuat akun SNPMB, maka harus memastikan bahwa akun SNPMB sekolah telah dibuat dan data PDSS sudah lengkap dan permanen, untuk itu fungsi menu viewer monitoring PDSS seperti yang telah dijelaskan harus dimanfaatkan dengan baik.

"Menu tersebut memang dibuat untuk memudahkan agar siswa bisa mengoreksi dan memastikan bahwa data sekolah sudah ter-update ke dalam sistem, bahkan orang tua juga bisa melihat itu," ucapnya.

Baca juga: Sekolah yang tidak gunakan kurikulum nasional tidak boleh daftar PDSS

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024