Jakarta (ANTARA News) - Country Manager IBM Indonesia Gunawan Susanto mengatakan teknologi informasi bagi perusahaan merupakan investasi, bukan dianggap sebagai cost atau biaya.

"Meskipun saat ini teknologi bergerak dan 'cloud' sudah berkembang, tetapi kebanyakan klien kami masih berinvestasi pada infrastruktur berupa perangkat keras," kata Gunawan Susanto saat jumpa pers Metrodata Solution Day 2013 di Jakarta, Rabu.

Karena itu, sebagai penyedia perangkat keras, Gunawan mengatakan IBM harus bisa memberikan layanan yang kompatibel dengan teknologi bergerak dan "cloud". Menurut dia, "cloud" adalah sesuatu yang tidak bisa ditolak karena semua perusahaan akan mengadopsi itu.

Apalagi, saat ini penggunaan data semakin melonjak. Saat ini, file yang dikirim melalui surel semakin besar. Perusahaan juga sudah bisa memantau data penjualan secara "realtime".

"Karena itu, keamanan juga menjadi hal yang penting. Bila keamanan tidak dikedepankan, permasalahannya bukan sekedar data yang hilang, tetapi juga reputasi perusahaan," tuturnya.

PT Metrodata Electronics Tbk, perusahaan penyedia produk dan jasa teknologi informasi dan komunikasi mengadakan Metrodata Solution Day (MSD) 2013 di Jakarta selama dua hari, hingga Kamis. Konferensi dan eksibisi dengan tema "Rethingk Your IT, Reinvent Your Business" itu didukung 21 pelaku bisnis IT di Indonesia.

Eksibisi yang fokus pada solusi "cloud, mobility and internet of everything" itu merupakan gelaran MSD yang ke-10.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013