... mencoba membuat sesuatu yang berbeda pada hari pemungutan suara bertepatan dengan hari kasih sayang 14 Februari...
Ambon (ANTARA) - Tempat Pemungutan suara (TPS) 06 di Kelurahan Urimessing, Ambon, Maluku, dihias bernuansa hari kasih sayang atau valentine day dengan warna serba merah muda.

Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan warga setempat sengaja mendekorasi TPS 006 dengan nuansa serba merah muda karena Pemilihan Umum (Pemilu) di 2024 bertepatan dengan hari kasih sayang yang jatuh pada 14 Februari 2024," kata Ketua KPPS pada TPS 06, Etwin Talla, di Ambon, Rabu.

Ia mengatakan, nuansa hari kasih sayang terlihat dari dekorasi di TPS balon warna merah muda membentuk simbol cinta di belakang bilik suara.

Baca juga: KPPS di Natuna dekor TPS seperti kerajaan melayu

Dekorasi berbentuk cinta juga ditemukan di meja KPPS dalam berbagai corak dan ukuran, maupun di bangku antrean pemilih. Perempuan petugas KPPS menggunakan baju warna merah muda , sementara laki- laki menggunakan kemeja warna putih.

"Kami mencoba membuat sesuatu yang berbeda pada hari pemungutan suara bertepatan dengan hari kasih sayang 14 Februari, " katanya.

Baca juga: Pemkot Semarang gelar lomba TPS unik tingkatkan partisipasi pemilih

Selain bernuansa pink petugas KPPS juga memberikan cokelat kepada pemilih yang datang awal ke TPS.

"Jumlahnya tidak banyak tetapi kami berupaya memberikan cokelat sebagai tanda cinta kasih, dan Terima kasih telah memberikan suara di Pemilu 2024," ujarnya.

Salah satu pemilih di TPS 06, Velensya Sahetapy, mengaku senang bisa menyalurkan hal suara di Pemilu 2024. "Ini kali pertama saya mencoblos di Pemilu, selain salurkan hal suara juga saya menerima cokelat sebagai tanda kasih sayang dari petugas KPPS di hari kasih suara, " ujarnya.

Baca juga: Pemkab Bekasi gelar lomba TPS unik tingkatkan partisipasi pemilih

Selain TPS bernuansa hari kasih sayang, di TPS 02 kelurahan Wainitu kecamatan Nusaniwe, bernuansa budaya para pemilih yang datang ke TPS disambut musik hadrat.

Nuansa budaya mewarnai dekorasi pemungutan suara di TPS tersebut, petugas KPPS juga menggunakan baju daerah cele.

Baca juga: "Super Hero" jadi petugas KPPS di TPS 14 Jeruk Surabaya

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024