Palangka Raya (ANTARA) -
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran mengharapkan presiden terpilih pada Pemilu 2024 merupakan yang terbaik bagi bangsa dan membuat Indonesia semakin bermartabat di dunia.
 
"Presiden Republik Indonesia terpilih nanti, kita doakan mudah-mudahan presiden yang terbaik bagi bangsa. Apapun itu sudah kita pilih, demokrasi itu merupakan kemauan kita bersama. Supaya bisa mengubah bangsa ini menjadi maju dan semakin bermartabat di dunia internasional," kata Sugianto di Palangka Raya, Rabu.

Selain itu presiden terpilih juga diharap semakin mengoptimalkan pembangunan pada berbagai bidang, termasuk sumber daya manusia (SDM) yang kian unggul serta teknologi yang semakin maju dan berdaya saing.

Hal itu disampaikan Gubernur Kalteng usai menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) 02 Jalan Juanda Kota Palangka Raya.

Lebih lanjut, Sugianto Sabran menyampaikan harapannya kepada para wakil rakyat baik di jajaran DPRD kabupaten/kota dan provinsi, maupun DPR dan DPD RI yang terpilih nantinya pada Pemilu 2024 dapat bersinergi bersama pemerintah daerah dalam memajukan Kalimantan Tengah.

"Kita harap bisa bersinergi untuk membangun Kalteng, bersama-sama berkolaborasi. Karena dengan bersama-sama membangun jadi mudah, Kalteng itu memerlukan anggaran besar, tanpa bantuan atau dukungan mereka, gubernur akan tertatih dalam membangun Kalteng," ujarnya.

Untuk itu, dia mengajak seluruh masyarakat Kalteng menggunakan hak pilihnya dengan bebas memilih siapa pun calonnya baik DPRD, DPR, DPD maupun Presiden, bersama-sama menyukseskan Pemilu 2024 yang aman dan damai.

Kemudian dia juga mengharapkan hadirnya Menteri asal Kalteng dalam kabinet pemerintahan Presiden terpilih pada Pemilu 2024 dalam membangun Indonesia.
 
"Kalimantan Tengah berharap mudah-mudahan ada yang menjadi Menteri, tokoh-tokoh Kalimantan Tengah banyak yang mempunyai kapasitas dan mampu untuk menjadi Menteri," katanya.

Sugianto mengharapkan dengan dilakukannya pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) yakni Nusantara ke Kalimantan, semakin meningkatkan perhatian pemerintah pusat khususnya Presiden terpilih di antaranya agar memilih putra-putri terbaik Dayak untuk bergabung di dalam kabinet.

"Paling tidak sesuai sumber daya alamnya, seperti kehutanan, pertambangan, perkebunan, sesekali harus dipercayakan kepada putra-putri terbaik Dayak," tegasnya.
Baca juga: Pemprov Kalteng lengkapi pembangunan Bundaran Besar dengan RTH
Baca juga: Gubernur Kalteng: Sukseskan pemilu sebagai perwujudan nilai demokrasi

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024