"Saya terdaftar sebagai daftar pemilih tambahan (DPTb) karena asal saya dari Jakarta. Namun, karena harus bertanggung jawab dan bertugas di sini jadi saya mengajukan pindah TPS,"
Surabaya (ANTARA) - Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono mengendarai mobil listrik menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS) 37 Kelurahan Dr. Soetomo, Surabaya, Rabu.

"Saya terdaftar sebagai daftar pemilih tambahan (DPTb) karena asal saya dari Jakarta. Namun, karena harus bertanggung jawab dan bertugas di sini jadi saya mengajukan pindah TPS," ujarnya.

Meski kini berstatus sebagai orang nomor satu di Pemprov Jatim, namun ia tak mendapat fasilitas lebih, bahkan harus mengantre bersama para pemilih lainnya.

Bahkan, pria yang akrab disapa Pak AK tersebut tak segan membantu beberapa warga lanjut usia yang bersemangat menyalurkan hak suara di TPS.

Sementara itu, usai menggunakan hak suaranya, kepada wartawan ia menyampaikan bahwa terkait hasil monitoring pelaksanaan Pemilu di Jatim, hingga saat ini seluruh TPS di desa atau kelurahan sudah mendapatkan logistik, baik surat suara maupun lainnya sejak Selasa (13/2) malam.

"Yang di kepulauan pun juga sudah tersebar. Saya bersama Forkopimda juga memantau beberapa titik di Surabaya dan Mojokerto untuk memastikan pesta demokrasi di Jatim berjalan aman, nyaman dan bahagia," tuturnya.

KPU RI mengumumkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, secara serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024