Jayapura (ANTARA) - Penjabat Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk mengatakan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di delapan kabupaten hingga kini masih kondusif dan berjalan lancar tanpa ada gangguan.

"Berdasarkan laporan dari tim kami, kondisi delapan kabupaten Provinsi Papua Tengah masih aman dan kondusif," katanya dalam siaran pers di Jayapura, Rabu.

Ribka menyebutkan delapan kabupaten itu, yakni Nabire, Puncak Jaya, Paniai, Mimika, Puncak, Dogiyai, Intan Jaya, dan Deyai.

Ia berharap situasi tersebut dapat terus terjaga hingga pemilihan selesai.

"Kami mengakui bahwa kemungkinan ada kejadian di lapangan. Namun, itu dinamika teknis karena letak geografis yang luas dan faktor cuaca," ujarnya.

Informasi dari delapan bupati yang dia terima menunjukkan bahwa situasi masih aman dan terkendali.

Dalam rangka menjaga kelancaran dan kesuksesan pemilu tahun ini, pihaknya telah membentuk tim desk khusus. Tim ini bertugas untuk memantau dan memonitor pemilihan untuk setiap kabupaten dengan masing-masing kabupaten dipimpin oleh satu kepala organisasi perangkat daerah.

Pj. Gubernur menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah aktif berpartisipasi dalam pemilihan ini, dan aparat keamanan yang menjaga keamanan selama proses pemilu.

"Kami berharap apa pun hasil pemilihan dapat mewakili suara dan aspirasi dari masyarakat Papua Tengah," katanya lagi.

Setelah pemilihan selesai, Pj. Gubernur Papua Tengah mengajak masyarakat untuk terus menjaga semangat demokrasi dengan mengawasi kinerja pemimpin yang terpilih dan memberikan masukan yang konstruktif.

"Saya ucapkan selamat Hari Valentine bagi seluruh masyarakat. Ayo bangun daerah ini bersama-sama dengan penuh kasih sayang sehingga Papua Tengah dapat terus berkembang dan menjadi provinsi yang makmur dan sejahtera," katanya.

Baca juga: Warga Yogyakarta sulap TPS jadi sarana edukasi pengelolaan sampah
Baca juga: Tunanetra di Palembang antusias gunakan hak pilih pada Pemilu 2024


Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024