pembangunan sumber daya manusia harus menjadi pilar utama
Banda Aceh (ANTARA) - Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Prof Marwan menyatakan presiden terpilih pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 harus menjadikan pembangunan sumber daya manusia sebagai pilar utama.

"Siapapun yang jadi pemenang, saya kira pembangunan sumber daya manusia harus menjadi pilar utama di masa mendatang," kata Rektor USK di Darussalam, Banda Aceh, Rabu.

Ia berharap lewat pemilihan umum (Pemilu) 2024 yang berlangsung serentak pada Rabu 14 Februari 2024 tersebut, pemimpin yang terpilih juga dapat melaksanakan pemerataan pembangunan ekonomi berwawasan lingkungan yang mengutamakan pemerataan.

Lebih rinci ia menjelaskan untuk pembangunan sumber daya manusia dapat dimulai dari tingkat dasar sampai menengah dengan memperkuat implementasi pendidikan Science, Technoloy, Engineering and Mathematics (STEM).

Kemudian penguatan mutu pendidikan tinggi vokasi dan eksakta serta memperluas kesempatan belajar yang berkeadilan dan program sertifikasi keahlian.

Baca juga: Akademisi minta presiden terpilih tunaikan janji pada disabilitas
Baca juga: Ketua Adat Dayak Iban: Presiden terpilih harus peduli lingkungan


Ia menambahkan sumber daya manusia memainkan peran sentral dalam menentukan kekuatan suatu bangsa dan memperkuat fondasi ketahanan nasional, sehingga peningkatan SDM menjadi bagian yang sangat penting.

Pemilu 2024 terdiri pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI serta pemilihan anggota DPR provinsi dan DPR kabupaten kota.

Pemilu legislatif di Aceh, selain18 partai politik nasional juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh (PNA), Partai Geuneurasi Atjeh Beusaboh Tha'at (Gabthat), Partai Darul Aceh (PDA), Partai Aceh (PA), Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh, Partai Solidaritas Independen Rakyat Aceh (SIRA).

Baca juga: Wali Nanggroe Aceh harap presiden terpilih realisasikan MoU Helsinki
Baca juga: Pesan pekerja migran Indonesia di Malaysia untuk presiden terpilih
Baca juga: Prabowo janji kelola kekayaan alam untuk rakyat jika terpilih presiden


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024