Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis tunggal putra Alvi Wijaya Chairullah mengatasi rasa gugup dan menyempurnakan kemenangan Indonesia atas Uni Emirat Arab (UEA) di pertandingan fase grup kedua Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia (BATC) 2024 di Selangor, Malaysia, Rabu.

Alvi menang atas Mohammed Munawar melalui rubber gim dengan skor 20-22, 21-4, 21-8. Dengan kemenangan ini, maka tim putra Indonesia menang telak atas UEA dengan skor 5-0 di babak fase Grup D.

“Bersyukur bisa membawa Indonesia menang 5-0. Tetapi terus terang saya tegang sekali karena ini untuk pertama kali saya tampil di kejuaraan beregu dan juga berlangsung di awal tahun,” kata Alvi, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI.

Lebih lanjut, Alvi mengakui bahwa ia merasa tegang karena ini merupakan pertama kalinya dirinya mengikuti kejuaraan beregu seperti BATC. Alvi mengatakan, ia banyak melakukan kesalahan sendiri karena merasa gugup terutama di gim pertama.

“Terlihat di gim pertama saya kalah itu karena tegang. Saya juga banyak melakukan kesalahan sendiri,” kata Alvi.

“Tetapi di gim kedua dan ketiga saya bisa fokus ke cara main diri sendiri dan berusaha menenangkan diri. Saya juga tidak banyak melakukan kesalahan sendiri saja,” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, Alvi mengatakan ia banyak memetik pelajaran dari pertandingan hari ini.

“Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari tampil di kejuaraan beregu ini. Yaitu bagaimana caranya mengatasi ketegangan di lapangan yang berbeda saat tampil di kejuaraan individu,” ujar Alvi.

Dengan ini, maka tim putra Indonesia akan bertemu dengan Korea Selatan pada Kamis (15/2) seiring dengan pertandingan terakhir fase Grup D. Sebelumnya, Indonesia juga menang 5-0 melawan Arab Saudi.

Di sisi lain, tim putri Indonesia akan menghadapi Hong Kong untuk memperebutkan posisi juara Grup X di pertandingan esok.

Baca juga: Yere/Rahmat cetak kemenangan buat Indonesia pada debut ajang beregu
Baca juga: Alwi perlebar jarak keunggulan Indonesia atas UEA di BATC 2024
Baca juga: Leo/Daniel gandakan kemenangan Indonesia atas UEA di BATC 2024


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024