Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto mensyukuri hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei yang menyatakan dirinya dan pasangannya, Gibran Rakabuming Raka, unggul dari dua rivalnya pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

"Atas nama tim Prabowo-Gibran, atas nama Koalisi Indonesia Maju, kita bersyukur atas hasil penghitungan cepat yang sudah ada," kata Prabowo dalam pidatonya di hadapan para pendukung di Istora Senayan, Jakarta, Rabu malam.

Menurut Prabowo, dari semua hitung cepat lembaga survei, termasuk lembaga yang berada di pihak rivalnya, menyatakan bahwa dirinya dan Gibran mencapai perolehan suara yang bisa menembus kemenangan satu putaran.

Baca juga: Prabowo minta pendukungnya tunggu hasil penghitungan dari KPU

"Semua penghitungan cepat lembaga survei, termasuk lembaga-lembaga yang berada di pihak-pihak pasangan calon lain, menunjukkan angka-angka yang memang pasangan Prabowo-Gibran menang sekali putaran," katanya.

Kendati begitu, Prabowo mengingatkan para pendukungnya untuk tidak euforia berlebihan. Ia mengajak pendukungnya tidak jumawa dan tetap rendah hati atas hasil hitung cepat tersebut.

"Saya bersama Mas Gibran berpesan walaupun kita bersyukur, kita tidak boleh sombong, kita tidak boleh jumawa, kita tidak boleh euforia, kita tetap harus rendah hati," ujarnya.

Baca juga: Massa bergemuruh sambut Prabowo-Gibran di Istora Senayan

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, terdapat enam partai politik lokal sebagai peserta yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Sedangkan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari hingga 20 Maret 2024.

Baca juga: Prabowo tak peduli tuduhan kecurangan yang ditujukan ke paslon 02
Baca juga: KedaiKOPI catat Prabowo-Gibran unggul hampir di seluruh provinsi

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024