Situbondo (ANTARA) - Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul di tempat pemungutan suara (TPS) khusus Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Situbondo, Jawa Timur, Rabu.

Pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran memperoleh sebanyak 165 suara atau 59 persen dari 277 suara sah, sedangkan pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Anies Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar 30 suara (11 persen), sedangkan pasangan capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md sebanyak 82 suara (30 persen).

"Alhamdulillah semua warga binaan memberikan hak pilihnya di TPS 901 di rutan," ujar Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo Rudi Kristiawan di Situbondo, Rabu.

Rutan Situbondo mendapatkan 303 surat suara sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 280 hak suara ditambah 2 persen. Seluruh hak pilih disalurkan melalui TPS khusus Rutan Situbondo.

"Semua warga binaan sebanyak 280 orang memberikan hak pilihnya dalam Pemilihan Umum Serentak 2024 hari ini," kata Rudi.

Data diperoleh, dari 280 surat suara itu, untuk pemilihan presiden dan wakil, tiga surat suara di antaranya dinyatakan tidak sah. Dan sebanyak 23 surat suara tidak terpakai.

Sebanyak 361 warga binaan di Rutan Kelas IIB Situbondo, yang mempunyai hak suara ditambah 36 pegawai rutan sehingga total berjumlah 397 pemilih. Namun 32 orang warga binaan di antaranya tidak bisa memberikan hak pilihnya sehingga tersisa 365 orang.

Dari 365 pemilih, sebanyak 280 memberikan hak pilihnya di rutan, sedangkan 85 pemilih lainnya memberikan hak pilih di TPS luar rutan atau TPS di sekitar rutan.

KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Baca juga: Prabowo-Gibran raih suara terbanyak di TPS 901 Rutan Bareskrim
Baca juga: Prabowo-Gibran menang di TPS Rutan KPK

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024