"Kepada seluruh masyarakat Bangsa Indonesia, khususnya Sulawesi Tenggara, patut kita syukuri bahwa kita telah melakukan hajatan nasional, yaitu pesta demokrasi tahunan dalam rangka untuk kelanjutan kehidupan berbangsa dan bernegara,"
KENDARI (ANTARA) - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengajak seluruh warga di wilayah Bumi anoa untuk kembali saling menguatkan kesatuan dan persatuan pasca penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Ketua PWNU Sultra Muslimin saat ditemui di Kendari, Kamis, mengatakan bahwa penyelenggaraan pemungutan suara Pemilu 2024 patut disyukuri karena dapat dilaksanakan dengan aman dan lancar di Provinsi Sultra.

"Kepada seluruh masyarakat Bangsa Indonesia, khususnya Sulawesi Tenggara, patut kita syukuri bahwa kita telah melakukan hajatan nasional, yaitu pesta demokrasi tahunan dalam rangka untuk kelanjutan kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Muslimin.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menunggu hasil perhitungan suara, sehingga hal itu bisa dilaksanakan dengan baik dan tidak ada gejolak yang timbul akibat hasil perhitungan itu.

"Sekarang kita tinggal tunggu saat-saat perhitungan , mudah-mudahan sampai dengan selesai tidak ada gejolak dan tetap kita terima dengan aman," ujarnya.

Muslimin juga menjelaskan bahwa pelaksanaan Pemilu diselenggarakan dengan baik berkat timbulnya kesadaran di masyarakat terkait dengan perbedaan pilihan bukan menjadi alat untuk saling berselisih paham, bahkan hingga menjadi perdebatan.

"Sebelum Pemilu kita terlalu banyak terpolarisasi dengan adanya perbedaan-perbedaan, dengan adanya media-media berita yang begitu mengerikan, tapi tetap dan Alhamdulillah berkat kesadaran seluruh masyarakat Indonesia," ungkapnya.

Namun, lanjut Muslimin, setelah pelaksanaan Pemilu, yang harus dilakukan di tengah-tengah masyarakat agar bagaimana kembali saling memberi penguatan tentang kesatuan dan persatuan. Walaupun pernah terpolarisasi, namun hal itu harus segera dikembalikan untuk mendukung keberhasilan dan kemajuan Indonesia.

"Itu adalah keberhasilan seluruh Indonesia, dan itulah yang akan menjadi pemimpin kita untuk lima tahun ke depan. Karena itu, sekali lagi berpesta demokrasi, mari kita kembali kuatkan kesatuan dan persatuan," tambah Muslimin.

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024