Bandung (ANTARA News) - Tim sepak bola Central Coast Mariners Australia mengalahkan Sriwijaya FC 2-0 (1-0) pada laga pembuka Turnamen Internasional Menpora Cup 2013 yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, Jumat. 

Gol kemenangan Coast Mariners dicetak oleh Matt Simon menit ke-35 dan Nick Fitgerald menit ke-79. Dengan kemenangan tersebut klub Australia itu sementara mengumpulkan nilai tiga dan memimpin grup A. Sedangkan Sriwijaya FC harus berjuang pada dua laga tersisa melawan Persib Bandung dan Timnas Malaysia U-23.

Sementara itu Turnamen Menpora Cup 2013, dibuka oleh Menpora Roy Suryo yang hadir dengan mengenakan kain penutup kepala iket khas Kabupaten Bandung.

Pembukaan turnament bertaraf internasional yang digelar di Bandung dan Malang itu ditandai dengan penyerahan Piala Menpora dari Menpora Roy Suryo kepada promotor turnamen Mohamad Zein yang disaksikan oleh Bupati Bandung H Dadang Naser.

Tanda-tanda kemenangan tim Coast Mariners tersebut terlihat sejak kick off. Meski memainkan tempo lambat, namun tim Australia yang unggul tinggi postur tersebut lebih di atas angin.

Permainan bola-bola panjang yang dimainkan Matt Simon dkk cukup merepotkan barisan pertahanan Sriwijaya FC dan beberapa kali mengancam gawang yang dikawal Teja Paku Alam.

Mariners baru mencetak gol pada menit ke-35 melalui Matt Simon. Gol tersebut sempat tertahan oleh salah seorang pemain bertahan, namun wasit Ahmad Suparman tetap menyatakan gol karena bola dinyatakan telah melewati garis di bawah mistar gawang Sriwijaya.

Pemain Sriwijaya sempat melakukan protes, namun wasit tetap pada keputusannya dan mensyahkan gol yang dicetak Simon.

Memasuki babak kedua, permainan Coast Mariners masih di atas angin, meski demikian Ponaryo Astaman, Herman Dzumafo sempat beberapa kali mengancam gawang tim Australia itu. Namun gol kedua Mariners tidak terbendung.

Sebuah umpan silang Mariners dari sektor sayap kiri, gagal diantisipasi kiper Teja Apaku Alam, bola muntah dieksekusi Nick Fitzgerald yang dilakukan sambil membalikan badan menembus gawang Sriwijaya untuk kedua kalinya.

Kedudukan 0-2 untuk kemenangan tim Australia itu bertahan hingga akhir babak kedua.

Sementara itu Manpora Roy Suryo dalam sambutanya menyebutkan, turnament bertaraf internasional itu merupakan ajang uji tanding tim-tim papan atas Indonesia yang diperuntukan bagi masyarakat Indonesia.

"Turnament ini bukan untuk perorangan namun untuk Bangsa Indonesia. Siapapun nanti Menpora-nya, namanya tetap Menpora Cup," kata Roy Suryo.

Ia menyebutkan, turnament itu dijadwalkan digelar setiap tahun dengan peserta yang terus meningkat. Ia berharap dengan banyaknya turnamen sepak bola bertaraf internasional bisa memacu prestasi sepak bola Indonesia.

Sementara itu Promotor Turnament Menpora Cup, Muhamad Zein menyebutkan kehadiran turnamen itu diharapkan bisa mendorong prestasi pemain dan klub-klub di Indonesia.

(S033/Y003)

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013