Jakarta (ANTARA) - Film "Pemandi Jenazah" yang segera tayang di layar bioskop pada 22 Februari nanti mengandung pesan moral yang ingin disampaikan sutradaranya kepada penonton yaitu berhenti menggunjingkan orang lain.

"Itu memang menjadi salah satu isu sosial yang pingin kami sampaikan dalam film ini," kata sutradara film "Pemandi Jenazah" Hadrah Daeng Ratu usai pemutaran perdana di Jakarta, Kamis.

Film "Pemandi Jenazah" membahas tindakan menghakimi seseorang yang dinilai bersalah dan layak menerima hukuman sosial setelah sebuah berita yang simpang siur kebenarannya.

Baca juga: Film "Pemandi Jenazah" dijadwalkan tayang di bioskop mulai 22 Februari

Penonton diperkenalkan pada tokoh Siti Rodiah, yang diperankan Djenar Maesa Ayu, salah seorang pemandi jenazah bisa melihat hal gaib. Siti memiliki seorang putri bernama Lela (diperankan Aghniny Haque) dan seorang putra bernama Arif (yang diperankan Ibrahim Risyad).

Siti memegang prinsip bahwa sebagai seorang pemandi jenazah, dia harus menyimpan erat "rahasia" apapun yang ditunjukkan kepadanya saat memandikan jenazah.

"Apa yang diketahui pemandi jenazah saat memandikan jenazah biarlah menjadi rahasia," kata Siti.

Prinsip itu diturunkan kepada anak perempuannya sebelum Siti wafat, tapi, tidak dijalankan dengan baik. Lela meneruskan peran ibunya menjadi pemandi jenazah, tapi, dengan rasa penasaran yang tinggi terhadap segala petunjuk yang ditemukan saat memandikan jenazah.

Rangkaian rahasia yang semula berwujud gaib itu membuat hidup Lela berubah.

Mengejutkan

Film berdurasi total 107 menit itu dikemas dalam cerita yang padat, namun, tidak menghilangkan nuansa gelap dan menyeramkan.

Para penikmat "jump scare" pasti akan dipuaskan dengan tata audio dan efek suara dari NaraBunyi Sound Service. Suara membahana dengan efek suara seperti petir, misalnya, tidak terdengar sia-sia karena disesuaikan dengan latar cerita yang sedang hujan di luar rumah.

Berbagai keseraman adegan film "Pemandi Jenazah" tidak melulu dibangun dengan efek suara kejut-mengejutkan saja.  Ada juga unsur jenaka dalam ketakutan yang dibangun dalam, misalnya ketika hantu mengintip di belakang salah satu tokoh, yang memberikan kesan lucu sekaligus menakutkan.

Penyanyi Nola B3 juga ikut berperan dalam film "Pemandi Jenazah", namun perannya masih dirahasiakan. Penonton yang tahu wajah Nola, akan menyadari kemunculannya dalam sejumlah adegan dalam film horor buatan rumah produksi Visual Media Studio (VMS) itu.

Baca juga: Film "Pasar Setan" rilis trailer resmi, siap tayang 29 Februari 2024

Baca juga: Film horor "Pemukiman Setan" resmi luncurkan trailer terbaru

Baca juga: "Malam Para Jahanam", film horor penuh laga berlatar sejarah Indonesia


 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024