Yogyakarta (ANTARA) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta masyarakat kembali menyatukan sikap bersama setelah masing-masing menentukan pilihan pada pemungutan suara Pemilu 2024.

"Bagaimana kita bisa membangun satu sikap lagi bersama, tidak terkotak-kotak karena pilihan, rakyatnya sudah menentukan pilihannya," kata Sultan HB X di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Kamis.

Sultan juga berharap tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang telah berkontestasi pada Pemilu 2024 dapat kembali membangun persatuan dan kesatuan bangsa.

Raja Keraton Yogyakarta itu mendukung manakala nantinya antara pasangan yang terpilih dengan dua pasangan lainnya bertemu untuk membangun dialog bersama.

"Mereka kan bisa untuk membangun dialog itu, sesama saudara satu bangsa kok masa enggak bisa, harus bisa. Itu saja yang penting," tutur Ngarsa Dalem sapaan Sultan HB X.

Meski demikian, Sultan mengimbau masyarakat tetap menunggu pengumuman dari KPU RI terkait hasil resmi penghitungan suara pemilihan presiden dan wakil presiden.

"Tapi masih perlu menunggu ya, kalau itu (hitung cepat) dianggap benar ya monggo saja," kata dia.
Baca juga: Sultan HB X mencoblos di TPS 12 Penambahan Yogyakarta
Baca juga: Sultan HB X minta warga DIY tidak golput pada Pemilu 2024
Baca juga: Presiden Jokowi akui bicara politik dengan Sri Sultan HB X

 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024