London (ANTARA News) - Chelsea mengakhiri laju empat pertandingan tanpa kemenangan berturut-turut dengan mengalahkan Fulham 2-0 dan memuncaki klasemen Liga Utama Inggris pada Sabtu, setelah Southampton menaklukkan pemimpin klasemen sebelumnya Liverpool.

Pelatih Chelsea Jose Mourinho menimbulkan kemelut dengan keputusannya mencoret Juan Mata dari timnya untuk lawatan ke rival London Barat Fulham, dan ia melihat timnya kesulitan menciptakan peluang pada babak pertama di Stamford Bridge.

Justru, tim tamu menciptakan peluang terbaik pada 45 menit pertama, di mana tembakan Darren bent mengarah lurus ke Petr Cech ketika ia mendapat umpan dari Pajtim Kasami.

Bagaimanapun, Chelsea yang mampu memecah kebuntuan, dengan Oscar mencetak gol dari jarak dekat pada menit ke-52 setelah kiper Fulham David Stockdale menepis sepakan Andre Schurrle dan Samuel Eto`o.

Jon Obi Mikel mengubah skor menjadi 2-0 pada menit ke-84, mengonversi umpan John Terry dari jarak dekat untuk mengakhiri penantian selama 185 pertandingan untuk membukukan gol perdana di liga.

Setelah menelan dua kekalahan berturut-turut dari Everton dan Basel, ini merupakan kemenangan di saat yang tepat bagi sang juara liga Europa, yang sekarang memuncaki klasemen berkat keunggulan selisih gol dari Liverpool, meski telah memainkan satu pertandingan lebih banyak daripada beberapa tim di bawah mereka.

Setelah bermain imbang 2-2 di markas Swansea City pada Senin, Liverpool melihat momentum awal musim mereka memudar akibat kekalahan 0-1 dari tamunya Southampton.

Kehilangan Philippe Coutinho yang cedera, publik tuan rumah melihat Steven Gerrard memaksa kiper Artur Boruc meregangkan badannya untuk menggagalkan tendangan bebas kapten Si Merah.

Daniel Sturridge kemudian meminta hadiah penalti namun ditolak wasit setelah dirinya dijatuhkan Dejan Lovren, dan Lovren pula yang memecah kebuntuan pada menit ke-53 dengan tandukannya ke tiang jauh dari tendangan sudut.

Hanya tiga penyelamatan bagus dari Simon Mignolet yang mencegah Southampton memperbesar keunggulan mereka, namun gol Lovren terbukti sudah cukup untuk memberikan kekalahan perdana di liga bagi Liverpool sejak mereka kalah 1-3 dari tim yang sama Maret silam.

"Kami sangat kecewa dan ini merupakan salah satu dari hari-hari mereka," kata pelatih Liverpool Brendan Rodgers, yang timnya akan mengunjungi Manchester United di Piala Liga pada Rabu.

"Kami tidak bagus dengan bola dan, secara teknis, saat ini berada tidak di level di mana kami seharusnya berada. Para pemain begitu mengagumkan pada beberapa bulan terakhir dan hari ini merupakan saat mereka bermain buruk."

Everton naik dengan selisih satu angka dari pemuncak klasemen setelah Romelu Lukaku mencetak gol pada debutnya untuk memberikan kemenangan 3-2 di markas West Ham United dan membantu menjaga rekor tidak terkalahkan timnya.

West Ham sempat dua kali unggul, melalui tembakan Ravel Morrison yang berubah arah dan penalti Mark Noble, namun Leighton Baines dua kali pula membawa timnya menyamakan kedudukan dengan melalui tendangan-tendangan bebasnya.

Noble kemudian diusir keluar lapangan akibat pelanggaran kerasnya terhadap Ross Barkley, sebelum tandukan Lukaku memberikan kemenangan bagi timnya pada menit ke-85 pada pertandingan pertamanya sejak dipinjam dari Chelsea.

Penyerang pinjaman lainnya, Loic Remy, mencetak dua gol pada penampilan kandang pertamanya sejak menit pertama untuk Newcastle United, namun pria Prancis ini tetap berada di pihak yang kalah akibat timnya takluk 2-3 dari Hull City.

Pria Prancis ini dua kali membawa Newcastle unggul, namun Hull bangkit melalui gol-gol Robbie Brady dan Ahmed Elmohamady sebelum Sone Aluko memastikan kemenangan timnya melalui sepakan voli kaki kiri pada menit ke-76.

Stephane Sessegnon kembali untuk menghantui bekas klubnya Sunderland dengan mencetak gol pembuka saat timnya menang 3-0 pada debutnya di West Bromwich Albion.

Gol-gol dari Liam Ridgewell dan Morgan Amalfitano melengkapi kemenangan ini yang membuat Sunderland tetap menghuni dasar klasemen, dan penderitaan pelatih tim tamu Paolo Di Canio bertambah ketika penyerang Steven Fletcher harus meninggalkan lapangan akibat kemungkinan dislokasi bahu.

Sebelumnya, pemain rekrutan baru Aston Villa Libor Kozak mencetak gol dua menit setelah dirinya masuk lapangan menggantikan rekan setimnya yang cedera Christian Benteke, untuk membawa timnya menang 1-0 atas tuan rumah Norwich City.

Pelatih Villa Lambert berusaha menepis kecemasan mengenai cedera Benteke, dengan berkata, "Staf medis menaksir itu adalah masalah pada pinggangnya. Mudah-mudahan tidak terlalu parah. Namun Libor Kozak masuk dan mencetak gol dalam waktu 90 detik, yang memperlihatkan dirinya akan menjadi kesayangan para penonton."

Manchester United akan mengunjungi Manchester City pada Minggu di derby Manchester perdana musim ini, sedangkan tim peringkat ketiga Arsenal menjamu Stoke City dan tim peringkat keempat Tottenham Hotspur melawat ke Cardiff City, demikian AFP.

(H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013