Jakarta (ANTARA) - Penyelenggara kejuaraan F1Powerboat PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney terus mematangkan persiapan pelaksanaan balap perahu bermesin super cepat di Danau Toba, Sumatera Utara yang akan digelar pada 2-3 Maret 2024.

"Saat ini persiapan terus disempurnakan. Pada Senin (12/2), sebanyak 100 ton logistik untuk perlombaan sudah tiba di Sumatera Utara untuk mendukung kejuaraan F1 Powerboat," kata Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, kejuaraan berkelas internasional yang merupakan race ke-300 itu akan menghadirkan berbagai keistimewaan.

Selain lokasi kegiatan yang berada di Danau Toba sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas di Tanah Air, InJourney juga menghadirkan panggung hiburan yang menampilkan band papan atas Indonesia seperti Ada Band, Radja, Wali untuk mengisi side event.

Baca juga: HIG sediakan alternatif akomodasi bagi penonton F1Powerboat 2024

"Kehadiran band-band papan atas Indonesia ini diharapkan bisa menarik lebih banyak pengunjung di F1Powerboat di Danau Toba," ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya mengemas F1Powerboat ini tidak hanya menjadi ajang perlombaan olahraga air, namun juga menjadi salah satu acara yang mampu menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung Indonesia.

Pelaksanaan F1Powerboat 2024 di Danau Toba ini menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah untuk kedua kalinya, setelah sebelumnya diselenggarakan pada 2023 lalu yang mampu menarik hingga 100 ribu orang pengunjung.

Baca juga: Injourney: Aquabike Jetski dikunjungi hingga 100 ribu wisatawan

Pada 2024, InJourney menghadirkan F1Powerboat yang dikemas dengan festival budaya dan UMKM sebagai side event. Konsep serupa juga dikemas saat penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship pada November 2023.

"Kami berharap adanya side event menampilkan berbagai hal ini akan membuat kebudayaan dan UMKM daerah setempat bisa semakin dikenal di dunia," ujarnya.

Ia juga berharap Danau Toba yang telah ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark, akan semakin menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Baca juga: Bandara Raja Sisingamangaraja XII berbenah sambut F1Powerboat 2024
Baca juga: Kemenpora segera bentuk akademi aquabike dan powerboat di Balige

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024