kita optimis stadion ini akan selesai di akhir Juli
Medan (ANTARA) - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy mengatakan progres pembangunan arena olahraga di Sport Center Sumut berjalan dengan baik atau sesuai dengan rencana.

"Progresnya sudah sangat bagus, ini kita sedang berada di stadion utama sepakbola ini sudah 30 persen progresnya, kita upayakan selesai akhir Juli," ujar Muhadjir Effendy usai meninjau Sport Center Sumut, Desa Sena, Kabupaten Deliserdang, Jumat.

Muhadjir mengatakan Pemprov Sumut bersama pemangku kebijakan terus berupaya menyelesaikan seluruh venue sehingga dapat digunakan pada PON 2024.

"Dengan adanya Sport Center Sumut semakin banyak lahir atlet-atlet yang berkualitas dari provinsi ini," kata Muhadjir.

Dalam kunjungan tersebut, Muhadjir meninjau sejumlah venue yang akan digunakan untuk perhelatan PON 2024 didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

Baca juga: Gubernur Sumut akan bangun sport center untuk PON 2024
Baca juga: Sport Center Sumut dibangun dengan berstandar internasional


Sementara Menpora Dito Ariotedjo meminta agar kawasan Sport Center Sumut dapat dipelihara dan dimanfaatkan untuk pembinaan atlet serta dapat digunakan untuk kegiatan berskala lokal dan internasional.

“Kita dari Kemenpora mendorong seluruh cabang olahraga dan federasi yang fasilitasnya ada di sini digunakan untuk pembinaan," ujar Dito Ariotejdjo.

Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin dalam kesempatan yang sama menyakini Stadion Sepakbola Sport Center akan selesai pada Juli 2024.

“Progresnya sekitar 30 persen, setelah mendapat laporan dari kontraktor kita optimis stadion ini akan selesai di akhir Juli, lebih cepat dari target awal, karena kita memperhitungkan persiapan-persiapan untuk PON 2024," kata Hassanudin.

Selain itu, Hassanudin mengatakan progres Stadion Madya Atletik yang dibangun seluas 3,9 Hektare saat ini memasuki tahap penyelesaian atau sudah 90 persen.

“Stadion Madya Atletik sudah hampir selesai, 90 persen Martial Art juga dan di sini juga nanti ada venue lain seperti Voli, motor cross dan lainnya, kita doakan bersama agar semua berjalan lancar sehingga kita memiliki Sport Center yang luar biasa," kata dia.

Untuk itu, ia berharap seluruh pemangku kebijakan terkait dapat bekerja secara maksimal dan saling bersinergi sehingga tidak ada kendala saat PON 2024 berlangsung, yang dijadwalkan September 2024.

Baca juga: Gubernur paparkan progres pembangunan sport center ke Menpora
Baca juga: Sumut bangun "sport center" seluas 300 hektare
Baca juga: Pj Gubernur: Arena olahraga untuk PON 2024 selesai tepat waktu

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024