Kan kita mau memasuki masa peak season angkutan Lebaran, artinya secara kesiapan armada kami saat ini berapa lagi di docking, mudah-mudahan bisa siap untuk melayani masyarakat dengan baik sebelum masa peak sesion ini
Kendari (ANTARA) - Sebanyak tiga kapal PT Pelni yang menyinggahi pelabuhan Murhum Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, menjalani perawatan rutin tahunan atau docking dalam rangka kesiapan menghadapi musim angkutan Lebaran Idul Fitri 2024.

Kepala PT Pelni Cabang Baubau, Roni Abdullah, di Baubau, Sabtu, mengatakan, tiga kapal Pelni yang saat ini melaksanakan docking yakni KM Dobonsolo, KM KM Nggapulu, dan Lambelu. Ketiga kapal tersebut diperkirakan beroperasi kembali sebelum memasuki Ramadhan.

"Kan kita mau memasuki masa peak season angkutan Lebaran, artinya secara kesiapan armada kami saat ini berapa lagi di docking, mudah-mudahan bisa siap untuk melayani masyarakat dengan baik sebelum masa peak sesion ini," ujarnya.

Selain kesiapan armada, kata Roni, sebagai kepala cabang yang baru ia juga memantapkan koordinasi dengan pemangku kepentingan di pelabuhan termasuk pemerintah daerah Kota Baubau sebagai upaya agar saling mendukung demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Artinya ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, hubungan antar stakeholder di pelabuhan baik dengan KSOP, kepolisian (KP3) dan lainnya kami menggandeng untuk sama-sama supaya nanti outputnya masyarakkat bisa terlayani dengan baik di pelabuhan," kata mantan Kacab Pelni Kumai ini.

Di samping itu, Roni juga mengimbau masyarakat agar memanfaatkan aplikasi Pelni Mobile dengan cara mengunduhnya guna memudahkan calon penumpang untuk memperoleh tiket tanpa lagi harus datang ke kantor cabang maupun ke agen travel resmi.

Apalagi, tambah dia, secara geografis banyak masyarakat pengguna jasa kapal Pelni berada di daerah kepulauan sehingga dengan Pelni Mobile akan sangat membantu mendapatkan informasi seperti jadwal kapal, harga tiket, pembokingan, dan pembayaran.

"Kita berharap semua masyarakat mendownload Pelni Mobile, gunanya tentu kita menghindari praktik calo juga. Kalau Pelni Mobile sudah di download maka semua orang bisa melihat informasi baik jadwal kapal, harga tiket dan bisa melakukan booking dan pembayaran. Artinya sangat menguntungkan bagi calon penumpang dan masyarakat," ujarnya.

Sebanyak 12 kapal Pelni yang menyinggahi pelabuhan Murhum Baubau yakni, KM Ciremai, KM Sinabung, KM Tidar, KM Sirimau, KM Labobar, KM Dobonslo, KM Dorolonda, KM Leuser, KM Nggapulu, KM Umsini, dan KM Tilongkabila.

Baca juga: Pelni dukung peningkatan fasilitas layanan di Pelabuhan Murhum Baubau

Baca juga: Wali Kota Baubau sebut Pelni berperan dalam pertumbuhan perekonomian

Baca juga: Pelni Baubau sebut 11 kapal siap untuk layani angkutan lebaran 1444 H

 

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024