...antara lain agar adanya jalur khusus untuk naik turun barang sehingga aktivitas bisa lebih tertib.
Baubau (ANTARA) - PT Pelni (Persero) Cabang Baubau, Sulawesi Tenggara mendukung upaya Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II daerah ini, meningkatkan pelayanan serta memperbaiki fasilitas Pelabuhan Murhum demi kelancaran dan keamanan naik turun penumpang maupun barang.

"Mengenai layanan penertiban barang oleh pihak pelabuhan, saya sangat mendukung supaya ada jalur khusus untuk alur barang, baik itu barang general kargo maupun barang bawaan penumpang sehingga bisa lebih tertib," kata Kepala PT Pelni Cabang Baubau Dicky Dermawandi, di Baubau, Selasa.

Ia mengatakan, salah satu peningkatan layanan fasilitas di pelabuhan tersebut, antara lain agar adanya jalur khusus untuk naik turun barang sehingga aktivitas bisa lebih tertib.

"Tentu juga ke depan agar sterilisasi pelabuhan bisa semakin baik, sehingga tidak ada lagi orang-orang yang tidak berkepentingan bisa masuk sampai ke dermaga," ujar dia.

Bahkan, ia berharap fasilitas X-Ray di Pelabuhan Murhum Baubau dapat kembali berfungsi dengan baik, sehingga faktor-faktor keamanan di pelabuhan maupun di atas kapal bisa ditingkatkan.

Pada sisi lain, dia berharap pula ke depan volume bak penampungan air tawar di pelabuhan itu bisa ditambah dan pasokan airnya bisa lancar, mengingat banyaknya armada kapal Pelni yang sandar.

"Semoga ke depan PDAM dan pengelola pelabuhan dalam hal ini KSOP bisa memfasilitasi supaya bendungan air di pelabuhan bisa mempunyai volume yang banyak dan lancar, dengan begitu suplai air tawar ke kapal juga bisa semakin lancar," ujar mantan Kepala Pelni Cabang Ternate ini pula.

Selain itu, Dicky mengatakan bahwa berdasarkan hasil evaluasi pihaknya pada angkutan Lebaran 2023, secara umum berlangsung dengan baik berkat sinergi semua instansi terkait, baik itu KSOP, kepolisian, TNI Angkatan Laut, Kantor Kesehatan Pelabuhan termasuk Pemkot Baubau.

"Jadi semuanya mendukung, sehingga pelaksanaan angkutan Lebaran relatif aman lancar," ujarnya pula.

Dicky menambahkan bahwa untuk saat ini jumlah penumpang Pelni dari Pelabuhan Baubau masih mengalami peningkatan untuk beberapa tujuan daerah timur. Namun, peningkatannya tidak terlalu signifikan dibanding angkutan Lebaran lalu.

"Tadi pagi KM Dorolonda berangkat ke arah timur yaitu Namlea, Ambon, Ternate, dan Bitung untuk penumpang naik sebanyak 1.200 orang dan penumpang turun sekitar 500-an orang," kata Dicky.
Baca juga: Pelni Baubau sebut tidak ada lonjakan jumlah penumpang jelang Ramadhan
Baca juga: Bongkar muat barang di Pelabuhan Baubau melebihi satu juta ton

Pewarta: Muhammad Harianto/Yusran
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023