Jakarta (ANTARA) -
Belakangan banyak beredar di sosial media maupun toko daring yang menjual produk pemijat kulit kepala dan perawatan kulit kepala.
 
Dokter kulit yang berbasis di Sydney, Dr Natasha Cook, mengatakan kulit kepala dan wajah memiliki kebutuhan yang sangat mirip. Artinya, menjaga kesehatan kulit kepala berdampak pada kesehatan dan pertumbuhan rambut.
 
"Kulit kepala yang tidak sehat akan menyebabkan rambut rontok, belum lagi rasa tidak nyaman karena mengelupas dan gatal-gatal,” katanya seperti ditulis laman The Guardian, Kamis.

Baca juga: Air beras bagus untuk kesehatan rambut? Ini dermatolog

Baca juga: Rambut kotor berdampak pada kesehatan kulit hingga infeksi

 
Cook setuju bahwa gatal dan pengelupasan adalah kulit kepala yang memberi tahu Anda ada sesuatu yang salah. Cara mengatasinya bisa semudah beralih ke sampo dan kondisioner yang lebih lembut, namun masalah yang lebih persisten memerlukan penilaian profesional.
 
Kesehatan kulit kepala dimulai dengan mencuci rambut yang sebaiknya dilakukan satu atau dua kali seminggu. Lebih dari itu akan menghilangkan minyak alami dan penghalang, yang dapat menyebabkan peradangan, ujarnya
 
Rutinitas perawatan rambut juga harus disesuaikan dengan kondisi kulit kepala, dan kebiasaan perawatan lainnya. Pendiri salon Edwards and Co, Jaye Edwards, menyarankan mereka yang rutin menggunakan produk seperti hairspray atau sampo kering sebaiknya menggunakan scrub eksfoliasi untuk menghilangkan penumpukan dan menstabilkan produksi minyak.
 
Cook menyarankan untuk menggunakan perawatan pengkondisian tanpa bilas, mengonsumsi makanan seimbang yang kaya antioksidan dan nutrisi, dan menyisir rambut secara teratur, yang membantu pertumbuhan dengan meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut.
 
Ilmuwan farmasi Hannah English mengatakan bahwa kerusakan akibat sinar matahari dapat menyebabkan iritasi kulit kepala, dan menyarankan untuk memakai topi dan menggunakan tabir surya.

Baca juga: Terapi sekretom bisa jadi pilihan mencegah kebotakan rambut
Baca juga: Tahukah sebab kulit kepala bisa berbau tak sedap?

 
Menggunakan sikat pijat silikon saat mencuci rambut dapat membuat pengalaman mencuci rambut lebih menyenangkan, tetapi English mengatakan bukti bahwa produk ini benar-benar meningkatkan pertumbuhan rambut “masih bersifat anekdot pada saat ini”.
 
Dia juga mengatakan bahwa meskipun produk-produk seperti serum, minyak, dan scrub dapat membantu kesehatan rambut, produk-produk tersebut “tidak memiliki bukti yang kuat untuk pertumbuhan rambut seperti obat-obatan farmasi”.
 
 
 
 

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024