Jakarta (ANTARA) -
Dalam menjaga rambutnya tetap sehat, model dan pembawa acara Patricia Gouw membagikan rutinitas perawatan rambutnya dengan rutin mencuci rambut dua sampai tiga hari sekali.

"Yang pasti harus cuci rambut 2-3 hari sekali, kecuali kalau disasak kencang atau di hairspray keras banget itu bisa setiap hari, tapi tergantung kondisi dan situasi," katanya dalam acara Ellips vitamin rambut di Jakarta, Rabu.

Ia juga mengatakan untuk selalu memakai vitamin rambut sesuai kebutuhan dan kondisi rambut agar hasil yang diharapkan bisa tercapai, yakni rambut indah berkilau

Baca juga: Pakar berikan kiat perawatan untuk cegah penuaan rambut

Baca juga: Tips perawatan rambut ala Patricia Gouw


Jika tidak ada kegiatan di luar ruangan, Patricia lebih mengeringkan rambutnya secara natural ketimbang menggunakan pengering rambut agar tidak terlalu sering terpapar panas alat penata rambut.

"Kalau di rumah lagi nggak ada kerjaan aku biarin saja kering natural karena panas hair dryer bikin rambut rusak," ucapnya.

Ia juga mengingatkan bagi para pemakai hijab untuk selalu mengeringkan rambutnya terlebih dahulu sebelum menggunakan hijab agar rambut tidak bau apek.

Patricia mengatakan sejak remaja ia sudah menekuni bidang hiburan sebagai penari, SPG atau model sehingga seringkali terkena paparan panas dari penataan rambut seperti pengering rambut atau pelurus rambut

Ia juga pernah memiliki pengalaman memiliki rambut yang kusam dan bercabang karena tidak memiliki edukasi mengenai perawatan rambut saat ia remaja dan sembarangan menggunakan alat penata rambut.

"Ternyata saat memakai hair styling bikin rambutnya lama-lama rapuh, warnanya lama-lama berubah bukan dari cat rambut tapi warna asli rambut jadi menguning, gue pikir karena sering main basket kena paparan sinar UV," jelasnya.

Maka itu penting baginya untuk menjaga kesehatan rambut agar terus sehat dan tidak kembali kusam, salah satunya dengan vitamin rambut atau dry shampoo (sampo kering).

"Kalau males cuci rambut pakai dry shampoo, kalau pergi ke cafe ada hair mist, boleh pakai masker rambut untuk anak remaja yang aktivitasnya sudah banyak diluar ruangan," jelas model yang disapa PatGouw ini.

Ia juga berpendapat kampanye Ellips Rambut Tetap Muda sangat baik agar generasi sekarang dan terdahulu semakin perhatian akan kesehatan rambut dan tidak hanya merawat kulit saja.

Baca juga: Kenali tanda rambut menua, tidak hanya beruban

Baca juga: Tren perawatan kulit kepala untuk kesehatan rambut

Baca juga: Manfaat cuka sari apel untuk kesehatan rambut

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024