Jakarta (ANTARA) - Sebagai figur publik, Patricia Gouw dikenal dengan penampilannya yang modis dan menawan, terutama bagian rambut sebagai “mahkota” yang selalu menjadi poin utama, ia pun membagikan beberapa tips merawat rambut agar tetap terjaga dengan baik.

Dalam acara peluncuran produk kecantikan di Jakarta, Selasa, Patricia menjelaskan rutinitas perawatan rambut yang dilakukannya. Biasanya, ia akan menggunakan beberapa produk khusus rambut untuk merawat bagian rambutnya agar tidak rusak.

“Aku biasanya seminggu sekali pakai hair mask,” kata Patricia.

Penggunaan hair mask atau masker rambut berguna untuk melembabkan rambut sekaligus menjaga kelembabannya dalam waktu yang lama. Masker rambut juga berfungsi sebagai treatment untuk memperbaiki kerusakan rambut, seperti rambut bercabang atau kasar.

Baca juga: Patricia Gouw: Aku berdiri di sini karena "kekuranganku"

Patricia juga secara reguler memakai vitamin rambut dan diaplikasikan setelah selesai mandi atau keramas. Vitamin rambut yang biasa digunakan mengandung bahan-bahan khusus yang aman bagi rambut.

Vitamin rambut berguna untuk merevitalisasi rambut yang bermasalah, sehingga rambut tetap sehat terawat dan lembut. Untuk menggunakannya, ia menuangkan isi dari vitamin rambut miliknya ke tangan dan mengusapkan secara merata pada batang rambut.

Setelah rambut kering, Patricia menyemprotkan hair mist ke seluruh bagian rambutnya. Hair mist adalah spray rambut yang mengandung vitamin lengkap untuk menutrisi sekaligus melembabkan batang rambut.

Baca juga: Patricia Gouw debut akting dengan membintangi serial terbaru

Perawatan rambut lainnya yang dilakukan Patricia adalah menggunakan dry shampoo atau sampo kering saat ia tidak keramas. Menurutnya, terlalu sering keramas atau melakukannya setiap hari dapat membuat rambut kering, sehingga ia menggunakan dry shampoo saat rambutnya mulai terlihat lepek atau berminyak.

“Sebenarnya, rambut itu nggak boleh dicuci setiap hari. Waktu itu aku konsul sama dokter,” kata Patricia.

Untuk memakai dry shampoo, Patricia menyemprotkannya dengan jarak agak jauh (sekitar 30 cm) dari batang rambut. Bagi rambut menjadi beberapa bagian sebelum menyemprotkan dry shampoo agar dapat menyerap ke batang rambut dengan baik.​​​​

Patricia juga mengimbau untuk tidak menggunakan dry shampoo langsung ke kulit kepala. Setelah disemprotkan, diamkan selama 2 - 3 menit sembari menyisir rambut dengan tangan dan pakai hair mist setelah dry shampoo sudah menyerap dengan baik ke batang rambut.

Baca juga: Patricia Gouw habiskan dana jutaan untuk perawatan kecantikan

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023