Jakarta (ANTARA) - Pesta gol terjadi saat Arsenal menang telak 5-0 saat bertandang ke markas Burnley dalam pertandingan pekan ke-25 Liga Premier Inggris di Turf Moor pada Sabtu.

Bukayo Saka mengemas dua gol dalam pertandingan ini, dengan tiga gol lainnya masing-masing dicetak oleh Martin Odegaard, Leandro Trossard dan Kai Havertz.

Kemenangan ini membuat Arsenal memangkas jarak dengan Liverpool yang memuncaki klasemen sementara.

The Gunners menempati peringkat kedua dengan 55 poin. Mereka hanya berjarak dua poin dari Liverpool.

Sementara itu Burnley semakin terpuruk di papan bawah atau zona degradasi. Mereka di posisi ke-19 dengan perolehan 13 poin.

Kedua tim sama-sama tampil terbuka di awal laga. Namun, penyelesaian The Gunners lebih baik setelah berhasil membuka skor saat laga baru berjalan empat menit.

Gol berawal dari pergerakan Gabriel Martinelli di sisi kiri. Ia kemudian memberikan umpan tarik yang dituntaskan Martin Odegaard di tepi kotak penalti. Skor menjadi 1-0.

Baca juga: Liverpool unggul lima poin di pucuk klasemen usai taklukkan Brentford 4-1

Arsenal bisa mencetak gol kedua setelah mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-40. Penalti diberikan wasit setelah Trossard dilanggar oleh Lorenz Assignon.

Bukayo Saka maju sebagai eksekutor dan sukses menjalankan tugasnya dengan baik. Tendangannya menjebol pojok kiri bawah gawang Trafford. Skor 2-0 untuk Arsenal bertahan hingga babak pertama tuntas.

Baru dua menit babak kedua berjalan, Arsenal sudah bisa menambah gol. Umpan Odegaard mengarah ke Saka di sisi kanan kotak penalti. Saka lalu melepaskan sepakan keras yang tidak bisa dibendung Trafford. Arsenal unggul 3-0.

Meski sudah unggul 3-0, Arsenal tidak mengendurkan serangan mereka dan hasilnya gol keempat mereka tercipta pada menit ke-66.

Tembakan Kai Havertz diblok bek Burnley, tetapi bola rebound diselesaikan Trossard masuk ke kanan gawang Burnley. Skor menjadi 4-0.

Penampilan brilian Arsenal disempurnakan dengan gol kelima mereka pada menit ke-78. Kini giliran Havertz yang mencatatkan nama di papan skor.

Gol tercipta dari aksi individu pemain asal Jerman ini. Bergerak dari sisi kiri, Havertz mengecoh satu pemain Burnley sebelum tembakannya menjebol gawang Burnley.

Arsenal menutup pertandingan dengan kemenangan telak 5-0 atas tim tuan rumah.

Baca juga: Jadwal Liga Inggris pekan ke-25: Man City ditantang Chelsea

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024