Lashkar Gah, Afghanistan (ANTARA News) - Sebanyak 14 anggota cabang Taliban menyerahkan diri kepada pemerintah di Provinsi Helmand, Afghanistan Selatan, Selasa.

"Sebanyak 14 petempur Taliban, Selasa pagi, menolak kekerasan dan bergabung dalam proses perujukan serta perdamaian yang digagas pemerintah," kata Gubernur Provinsi tersebut Mohamad Nahim kepada wartawan dalam satu upacara.

Upacara tersebut diselenggarakan di Ibu Kota Provinsi Helmand, Lashkar Gah, untuk menyambut mantan gerilyawan itu.

Kelompok tersebut aktif di sekitar kota itu, 555 kilometer di sebelah selatan Ibu Kota Nasional Afghanistan, Kabul, dan dengan penyerahan diri mereka, perdamaian dan kestabilan akan lebih diperkokoh di sana, kata Nahim, sebagaimana dilaporkan Xinhua.

Pemerintah Afghanistan mendirikan Dewan Perdamaian Tinggi, yang memiliki 70 anggota, dan meluncurkan proses perujukan serta perdamaian pada 2010 guna mendorong Taliban agar melucuti senjata anggotanya dan menghentikan fanatisme.

Lebih dari 4.000 gerilyawan anti-pemerintah telah meletakkan senjata mereka di Afghanistan selama satu tahun belakangan, kata beberapa pejabat.

Gerilyawan Taliban --yang memerangi pasukan Afghanistan dan lebih dari 78.000 prajurit pimpinan NATO-- belum mengeluarkan komentar apa pun.



Penerjemah: Chaidar Abdullah

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013