Sorong (ANTARA) - Rumah Sakit TK IV dr Aryoko Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, membagikan 300 paket sembako kepada masyarakat dan pemeriksaan kesehatan gratis pada kegiatan baksi sosial dalam rangkaian peresmian rumah sakit TNI Angkatan Darat itu.

Dandenkes Korem 181 Praja Vira Tama (PVT) Letkol CKM Kristian Tono di Sorong, Senin, menjelaskan kegiatan bakti sosial ini merupakan rangkaian peresmian Rumah Sakit TK IV dr Aryoko Sorong dengan menghadirkan dua pelayanan dasar yakni pembagian sembako dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi seluruh masyarakat Papua Barat Daya.

"Kegiatan bakti sosial ini dalam rangka peresmian Rumah Sakit TK IV Aryoko Sorong," katanya.

Pada momentum bakti sosial ini, sebut dia, antusiasme masyarakat yang datang untuk mengikut pemeriksaan kesehatan sangat tinggi.

Baca juga: Polri kucurkan Rp77,3 miliar bangun RS Bhayangkara Polda Papua Barat

Menurut dia, pemeriksaan kesehatan dalam kegiatan bakti sosial itu meliputi pemeriksaan tensi, gula darah, dan konsultasi kesehatan maupun pemeriksaan kesehatan lainnya.

"Tujuannya adalah untuk memperlihatkan kepada masyarakat bahwa rumah sakit ini bukan hanya melayani personel TNI, tetapi juga masyarakat pun bisa dilayani sesuai dengan kebutuhan kesehatan," ujarnya.

Sementara pembagian sembako, kata dia, lebih menyasar masyarakat yang sangat membutuhkan. Jadi, 300 paket sembako yang berisi beras, mi instan, susu, minyak goreng, dan teh celup hanya untuk masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

Baca juga: Layanan telinga-hidung-tenggorokan disiapkan di RSUD Papua Barat

"Kegiatan bakti sosial ini akan berlangsung hingga beroperasinya rumah sakit ini," kata dia.

Rumah Sakit TK IV dr Aryoko Sorong berdiri di atas lahan seluas 5.369 meter persegi dengan daya tampung mencapai 50 pasien sekali masuk.

Selain itu, rumah sakit yang dibangun menggunakan APBN oleh Kementerian Pertahanan ini memiliki tenaga kesehatan sebanyak 37 orang yang terdiri atas dua dokter gigi, tiga dokter umum, tujuh dokter spesialis, 25 perawat dan bidan.

Baca juga: Kemenkes siapkan RSUP Papua Barat sebagai RS rujukan nasional

"Kita berharap hadirnya rumah sakit ini bisa mengoptimalkan layanan kesehatan bagi masyarakat Papua Barat Daya," katanya.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024