Jakarta (ANTARA) - Kesehatan pencernaan anak memainkan peran kunci dalam mencapai tumbuh kembang yang optimal, karena sekitar 70 persen dari sistem kekebalan tubuh dipengaruhi oleh kesehatan pencernaan.

Ahli Gizi Esti Nurwanti mengatakan pencernaan yang sehat berarti penyerapan gizi makro dan mikro yang baik menjadi lebih efisien. Namun, jika pencernaan tidak optimal, penyerapan nutrisi menjadi terganggu dan pada akhirnya dapat mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhan anak.

“Kalo zat gizi makro yang kita tau yaitu protein, karbohidrat, lemak, dan zat gizi mikro vitamin dan mineral. Kalo pencernaannya tidak sehat itu semua tidak terserap dengan baik, jadi boro-boro bisa meningkatkan kesehatan, tinggi yang optimal, berat badan sesuai dengan usianya kalo pencernaan tidak baik,” kata Esti saat peluncuran susu pertumbuhan anak HeathyWay Kids di Hotel JW Marriot, Jakarta, Senin.

Oleh karena itu, menurut Ahli Gizi lulusan Universitas Gajah Mada tersebut penting bagi orang tua untuk memilih produk yang diperkaya dengan zat gizi baik yang mendukung kesehatan pencernaan anak.

Baca juga: Ahli sebut faktor genetik merupakan penyebab utama kanker pada anak

Baca juga: Spesialis anak ingatkan bahaya mendengkur bagi kesehatan anak


Selain itu, memiliki sistem pencernaan yang sehat juga dapat memperkuat daya tahan tubuh anak terhadap penyakit. Saat sistem pencernaan anak sehat, tubuhnya lebih mampu melawan bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit.

Sebaliknya, jika anak sedang sakit, pertumbuhan dan perkembangannya dapat terhambat karena tubuhnya akan memprioritaskan untuk melawan infeksi. Terlebih juga karena sistem pencernaan anak belum sepenuhnya berkembang, sehingga cenderung rentan terhadap gangguan pencernaan.

“Memang 70 persen imun dipengaruhi sistem cerna karena dengan memiliki pencernaan yang sehat juga tentunya bisa memperkuat daya tahan tubuh, jadi anak gabisa sakit. Kalau anak sedang sakit itu tumbuh kembang tidak optimal, karena tubuh akan memprioritaskan untuk melawan bakteri pantogen ya (bakteri yang dapat menimbulkan penyakit), jadi ga optimal untuk tumbuh kembang gitu,” ujar Esti.

Dengan memperhatikan pentingnya menjaga kesehatan pencernaan anak, kita dapat membantu mereka tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Dukungan terhadap pencernaan yang sehat dengan memilih produk yang tepat dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan anak dan memastikan bahwa mereka dapat menyerap nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang yang baik.

Baca juga: Ahli gizi: Pola asuh dan makanan jadi faktor masalah gizi pada anak RI

Baca juga: Dokter: Ukur lingkar kepala anak secara rutin untuk deteksi tumor

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024