Sebanyak 42 kantong darah terkumpul dari 57 pendonor
Ambon (ANTARA) - Bandara Pattimura Ambon menggelar aksi donor darah memperingati HUT ke-60 PT Angkasa PuraI I serta Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional.

"Aksi donor darah kami menggandeng PMI UDD Kota Ambon dan melibatkan pemangku kepentingan dan komunitas bandara," kata General Manager Bandar Udara Pattimura, Shively Sannsouci, di Ambon, Senin.

Ia mengatakan, kegiatan ini sejalan dengan tema HUT ke-60 PT Angkasa Pura I, yakni "Elevating Service Quality".

Sebelum melakukan donor darah, para peserta donor telah menjalani pemeriksaan kesehatan dan riwayat kesehatan.

Dari proses pemeriksaan tersebut, hanya peserta donor darah yang dinyatakan memenuhi syarat oleh petugas PMI yang dapat melaksanakan donor darah.

"Sebanyak 42 kantong darah terkumpul dari 57 pendonor yang berhasil menyumbangkan darahnya untuk mendukung kegiatan kepedulian ini, " katanya.

Baca juga: Dinsakertrans Sultra gelar donor darah peringati Bulan K3
Baca juga: ASN Pemerintah Aceh sumbang 42 ribu kantong darah melalui PMI


Tujuan dari kegiatan donor darah katanya, untuk menjaga dan meningkatkan rasa kepedulian sosial pegawai PT Angkasa Pura I dan karyawan seluruh pemangku kepentingan Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu Palang Merah Indonesia (PMI) dalam memenuhi kebutuhan darah di Kota Ambon.

"Adapun hasil yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah terpenuhinya pasokan darah di PMI Kota Ambon sehingga kebutuhan penerima donor dapat terbantu dan terpenuhi," ujarnya.

Aksi donor darah ini juga merupakan rangkaian peringatan Bulan K3 Nasional, dimana PT Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Pattimura Ambon telah meraih penghargaan "Nihil Kecelakaan Kerja (Zero Accident Award)" dari Pemerintah Provinsi Maluku pada 12 Februari 2024,

"Penghargaan tersebut sebagai pengakuan atas komitmen tinggi perusahaan terhadap keselamatan dan kesehatan kerja dari periode tahun 2021 hingga 2023," katanya.

Kepala PMI Kota Ambon, George Pattikawa menambahkan, pihaknya bersyukur melalui kegiatan ini stok darah di PMI bisa tertangani, guna membantu masyarakat.

Saat ini terjadi peningkatan stok kebutuhan kantong darah tersebut disebabkan tingginya permintaan dari Rumah sakit yang merawat pasien.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada PT Angkasa Pura I Bandara Pattimura yang telah membantu pelaksanaan aksi donor darah ini," katanya.

Baca juga: Dinkes Jeneponto kolaborasi mahasiswa Unhas gelar donor darah
Baca juga: PMI Depok imbau warga lakukan donor atasi kekurangan stok darah
Baca juga: Korem Lilawangsa kumpulkan 1.008 kantong darah bantu kebutuhan darah

 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024