Anggota Saka Pariwisata harus mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat khususnya kaum muda untuk peduli pada potensi wilayah....
Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kustini Sri Purnomo menyebut bahwa Gerakan Pramuka memiliki peran dalam menggaungkan semangat menghidupkan budaya sadar wisata di seluruh wilayah termasuk Sleman.

"Anggota Saka Pariwisata harus mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat khususnya kaum muda untuk peduli pada potensi wilayah, menjaga kelestarian alam dan kreatif mengelola menjadi modal yang dapat dipublikasikan sebagai potensi pariwisata," kata Kustini saat membuka Perkemahan Bakti Saka (Pertika) Pariwisata Cabang Sleman, Senin.

Pertika Pariwisata Kabupaten Sleman yang ke-3 yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Garongan, Turi, resmi dibuka Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo yang juga bertindak selaku Kakak Ketua Majelis Pembimbing Cabang Sleman dengan memukul gong.

Baca juga: Kodam Pattimura rehabilitasi kawasan hutan melalui kegiatan Pramuka 

Bupati Sleman berharap kegiatan Pertika ini memberikan dampak riil yakni menumbuhkan semangat kepedulian Pramuka untuk berperan mendukung pemerintah dalam pelestarian serta pengembangan sektor pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid mengatakan bahwa Pertika Saka Pariwisata ke-3 tahun 2024 ini menjadi wadah pertemuan bagi Pramuka Penegak dan Pandega yang tergabung dalam Saka Pariwisata Sleman, anggota Pramuka dari pangkalan di Kwarcab Sleman, serta anggota Saka Pariwisata dari Kwarcab undangan untuk mempererat tali persaudaraan.

"Melalui Pertika ini diharapkan dapat mempererat tali persaudaraan sesama anggota Pramuka dengan aktivitas inovatif, kreatif, edukatif, rekreatif, dan produktif dalam bentuk perkemahan bakti," katanya.

Menurut dia, tujuan kegiatan ini untuk mengembangkan pengetahuan dan membina ketrampilan kesakaan khususnya kepariwisataan yang edukatif untuk menjalin harmoni dengan lingkungan alam dan sosial sekitarnya.

Baca juga: Sandiaga yakin devisa pariwisata Indonesia lebihi target usai pemilu

Pertika Saka Pariwisata dilaksanakan mulai 19 Februari hingga 22 Februari di Desa Wisata Garongan dengan mengusung tema "Back to Tourism Village" dengan jumlah peserta 300 peserta dan 60 sangga kerja dari 19 pangkalan SMA dan SMK di Kwartir Cabang Sleman.

Kegiatan ini juga diikuti delapan kontingen Saka Pariwisata mitra dari luar Kwartir Cabang Sleman yakni Gunungkidul, Magelang, Semarang, Surakarta, Trenggalek, dan Purbalingga.
 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024