Minggu lalu saya sudah muter dengan Kepala Satpol PP Surakarta. Kami akan menertibkan yang ada di dalam sana, yang masih ngeyel-ngeyel (membandel)
Solo (ANTARA) - Pemerintah Surakarta segera menertibkan pedagang yang nekad berjualan di dalam Alun-alun Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menyusul proses revitalisasi yang mulai dilakukan.

"Minggu lalu saya sudah muter dengan Kepala Satpol PP Surakarta. Kami akan menertibkan yang ada di dalam sana, yang masih ngeyel-ngeyel (membandel)," kata Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di Solo, Jawa Tengah, Senin.

Ia mengatakan revitalisasi dilakukan untuk menata kawasan Keraton Surakarta agar lebih indah dan tidak terlihat kumuh.

"Yang penting ke depan bisa dimanfaatkan warga dan tidak kumuh lagi seperti sekarang," katanya.

Sementara itu, dikatakannya, sejauh ini pengerjaan proyek penataan Keraton Surakarta masih sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh Pemkot Surakarta.

"Sudah sesuai timeline yang ada," katanya.

Mengenai penggunaan pasir atau rumput sebagai alas di kawasan alun-alun, dikatakannya, akan didiskusikan kembali dengan melibatkan pihak keraton dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Nanti kami diskusikan lagi, pasir atau rumput sama-sama bagus," katanya.

Mengenai revitalisasi, dikatakannya, tidak hanya dilakukan pada kawasan Keraton Surakarta tetapi juga Pura Mangkunegaran yang sama-sama merupakan simbol budaya serta sejarah Kota Solo.

"Masalah pembangunan sudah sering dibahas. Kami Pemkot dengan Mangkunegaran intens sekali berkoordinasi untuk masalah pembangunan-pembangunan ke depan," katanya.

Sebelumnya, revitalisasi Keraton Surakarta Hadiningrat menjadi salah satu proyek infrastruktur yang menjadi prioritas Gibran selama menjabat sebagai Wali Kota Surakarta. Untuk revitalisasi ini dimulai dari sisi luar keraton, yakni alun-alun utara dan selatan.

Baca juga: Keraton Surakarta Jateng mulai direvitalisasi

Baca juga: Gibran memastikan revitalisasi keraton berjalan meski konflik memanas

Baca juga: Gibran akan libatkan seluruh unsur Keraton Surakarta pada revitalisasi

 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024