Denpasar (ANTARA) -
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi melantik Brigjen TNI Ida Bagus Ketut Surya sebagai Danrem 163/Wira Satya Denpasar dan Brigjen TNI Joao Xavier Barreto Nunes sebagai Danrem 161/Wira Sakti Kupang, Nusa Tenggara Timur, di Denpasar, Senin.
 
Brigjen TNI Ida Bagus Ketut Surya sebagai Danrem Wira Satya menggantikan Brigjen TNI Agus Muchlis Latif yang kini menjabat sebagai Kapoksahli Pangdam IX/Udayana, sementara Brigjen TNI Joao Xavier Barreto Nunes menjadi Danrem 161/Wira Sakti menggantikan posisi Brigjen TNI Febriel B. Sikumbang.
 
Brigjen TNI Joao Xavier Barreto Nunes merupakan putra asli Bobonaro, Timor Timur (Timor Leste, sekarang). Dia merupakan lulusan Akmil 1991.
 
Pejabat lain yang diangkat Pangdam Udayana adalah Dandeninteldam IX/Udayana Mayor Kav. Kurnia Santiadi yang menggantikan Letkol Arh. Alexander Achmad.
 
Sementara itu, wewenang dan jabatan Asops Kasdam IX/Udayana dari Kolonel Inf. Mochammad Ghoffar Ngismangil diserahkan kepada Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi dan jabatan Kainfolahtadam IX/Udayana dari Pangdam IX/Udayana kepada Kolonel Inf. Adi Sabarudin.
 
Pangdam IX/Udayana menyampaikan serah terima jabatan di lingkungan Kodam IX/Udayana merupakan tradisi yang telah dan akan terus dilaksanakan. Pergantian jabatan dimaksudkan untuk menjaga kesinambungan roda organisasi demi mewujudkan TNI yang profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif.
 
"Sejalan dengan tantangan tugas yang makin kompleks pada masa depan, Kodam IX/Udayana beserta segenap jajarannya intensif melaksanakan pembinaan satuan secara terarah, terukur, dan terintegrasi guna mewujudkan satuan yang mampu menyelesaikan tugas dengan optimal," ujar Pangdam.

Baca juga: Kodam Udayana upayakan jalur damai sikapi insiden penyerangan TNI
Baca juga: Polres Badung periksa 10 terduga pelaku penyerangan anggota TNI
 
Menurut Harfendi, seorang komandan satuan memiliki tanggung jawab yang besar atas satuan yang dipimpinnya. Oleh karena itu, membutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk menyukseskan program dan hal lain yang berkaitan dengan tugasnya.
 
Pangdam pun menyampaikan selamat bertugas kepada pejabat yang baru.
 
Selaku Pangdam IX/Udayana maupun pribadi, dia mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas di Kodam IX/Udayana kepada para pejabat baru beserta istri.

"Kepada para pejabat lama beserta istri, saya ucapkan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi atas pelaksanaan tugasnya selama mengemban amanah jabatan dengan segala pengabdian dan dedikasi yang begitu besar kepada Kodam IX/Udayana," ungkap Pangdam.
 
Kepada para pejabat yang baru, Pangdam menekankan agar segera menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja dan pahami tugas serta tanggung jawab jabatannya.
 
Selain itu, dia berharap pejabat baru melanjutkan kegiatan positif yang telah dirintis oleh pejabat lama dan ciptakan berbagai program inovatif yang bermanfaat bagi satuan, menjadi pemimpin yang mampu menjadi role model bagi anak buah agar organisasi berjalan dengan dinamis.

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024