Saat ini progresnya sudah 85 persen, sebagian sudah pengerasan jalan, tinggal sebagian lagi masih tanah
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, berupaya menuntaskan penyediaan kantung parkir untuk truk atau angkutan khusus tambang yang melintas di sekitar wilayah Parungpanjang.

Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dishub Kabupaten Bogor Dadang Kosasih di Cibinong, Bogor, Senin menjelaskan bahwa saat ini pembangunan kantung parkir di perbatasan wilayah Parungpanjang, tepatnya di Desa Ciomas, Kecamatan Tenjo, saat ini memasuki tahap pengerasan tanah menggunakan bebatuan.

"Saat ini progresnya sudah 85 persen, sebagian sudah pengerasan jalan, tinggal sebagian lagi masih tanah," kata pria yang akrab disapa Hengki itu.

Ia menjelaskan, meski belum rampung, tapi kantung parkir seluas 4,2 hektare dengan kapasitas 1.000 truk itu kini sudah bisa digunakan sebagian untuk transporter.

Pembangunan kantung parkir yang dikerjasamakan dengan Perhutani ini dibagi menjadi dua tahap. Pada tahap pertama ini pembangunan dilakukan di atas lahan seluas 4,2 hektare.

Secara keseluruhan, kata Hengki, total luas lahan yang akan digunakan untuk kantung parkir sekitar 10 hektare yang tersebar di dua lokasi.

Selanjutnya untuk tahap kedua, Pemerintah Kabupaten Bogor akan membangun kantung parkir di Ruas Jalan Sudamanik, Kecamatan Parungpanjang. Kantung parkir ini nantinya bisa menampung lebih dari 2.000 kendaraan.

Baca juga: Parungpanjang kini punya kantung parkir khusus truk tambang

Baca juga: Pemkab Bogor bangun kantong parkir daya tampung 1.000 truk tambang
 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024