Berlin (ANTARA News) - Borussia Dortmund memerlukan masa perpanjangan waktu untuk menyingkirkan tim strata kedua 1860 Munich dengan skor 2-0 dan mengamankan tempat mereka di babak 16 besar Piala Jerman setelah mendominasi pada pertandingan Selasa (Rabu WIB).

Pemain pengganti Pierre-Emerick Aubameyang mengonversi penalti setelah pemain 1860 Dominik Stahl diusir keluar lapangan akibat pelanggarannya terhadap Marco Reus di menit ke-105, dan Henrikh Mkhitaryan menambahi satu gol lagi melalui serangan balik dua menit berselang.

Dortmund dapat ditahan pada babak pertama oleh pertahanan 1860, sebelum tim tamu mendapatkan peluang yang membentur mistar gawang melalui sepakan Jakub Blaszczykowski setelah babak kedua dimulai.

Dortmund, yang ingin bangkit dari kekalahan mereka dari Napoli di pertandingan pembuka Liga Champions serta hasil imbang 1-1 di markas Nuremberg pada pekan lalu, meningkatkan tekanan dan menguasai bola lebih dari 70 persen pada babak kedua namun mereka kesulitan merangsek masuk kotak penalti.

Upaya Dortmund, juara Piala Jerman pada 2012, juga berulang kali digagalkan kiper veteran 1860 Gabor Kiraly, yang pada usianya yang k-37 memperlihatkan bahwa ia tidak kehilangan refleks ketika ia menggagalkan tembakan Marco Reus dengan kakinya pada awal masa perpanjangan waktu.

Peluang milik pemain internasional Jerman Reus kemudian membentur tiang gawang pada menit ke-97, melalui tendangan bebas yang melewati pagar pemain sebelum mereka mendapat penalti karena dorongan Stahl, yang kemudian dikeluarkan wasit.

Pemain internasional Gabon Aubameyang mengecoh Kiraly untuk memecah kebuntuan setelah timnya mencatatkan 32 tembakan ke gawang berbanding dua tembakan yang dilepaskan lawannya.

Saat 1860 bermain dengan sepuluh pemain dan telah kelelahan, Dortmund kembali mencetak gol dua menit berselang melalui pergerakan prima.

Kiper Mitchell Langerak memberi bola kepada Jonas Hofmann, yang berlari di sisi kanan, bergerak memotong menuju kotak penalti kemudian di saat yang tepat memberi umpan pada penyerang Armenia untuk mengecoh Kiraly, menaklukkan seorang pemain bertahan dan memasukkan bola. Aubameyang masih memiliki waktu untuk melepaskan tendangan bebas yang membentur tiang gawang saat pertandingan menyisakan tiga menit untuk dimainkan.

Augsburg menikmati malam yang lebih ringan, menghancurkan tim strata ketiga Preussen Muenster 3-0, sedangkan sesama klub Liga Jerman lainnya VfL Wolfsburg memastikan tempat di babak 16 besar berkat kemenangan 2-0 atas tim strata kedua Aalen.

Juara bertahan Bayern Munich berhadapan dengan Hanover 96 di pertandingan sesama tim strata tertinggi Jerman di putaran kedua pada Rabu, demikian Reuters melaporkan.

(SYS/H-RF/I015)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013