kegiatan ini tentu menjadi bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat
Mataram (ANTARA) - Komando Resor Militer (Korem) 162/Wira Bhakti menggelar kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-119 di Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

"TMMD kali ini menargetkan pembangunan fisik maupun nonfisik agar dapat menunjang geliat ekonomi masyarakat serta mendukung pertahanan darat yang tangguh dan berdaya," kata Danrem 162/Wira Bhakti Brigjen TNI Agus Bhakti melalui siaran pers yang diterima di Mataram, Selasa.

Sasaran pembangunan fisik meliputi pembangunan bahu jalan, perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH), serta pembangunan beberapa jembatan dan deker.

Sedangkan, sasaran nonfisik meliputi peningkatan wawasan kebangsaan masyarakat serta pemantauan pelaksanaan pemilu damai, khusus di Kabupaten Lombok Utara.

"Jadi, ada fokus utama kami dalam kegiatan ini, di antaranya pembangunan bahu jalan, deker, jembatan, talud, rabat jalan, dan 14 unit perbaikan RTLH," ujarnya.

Dengan anggaran dan sumber daya yang tersedia, dia berharap kegiatan ini dapat berjalan sesuai rencana.

Baca juga: Program TMMD di Lombok Tengah buka 7 ruas jalan baru
Baca juga: Kodam Pattimura selesaikan 12 program TNI bangun desa di Maluku tengah


Pemerintah Kabupaten Lombok Utara menanggapi kegiatan ini dengan tangan terbuka. Bupati Lombok Utara Djohan Syamsu dalam kegiatan tersebut turut mengikuti apel pembukaan TMMD Ke-119 yang berlangsung di Lapangan Supersemar.

Dalam apel tersebut, Bupati menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang ikut berpartisipasi membangun wilayah Lombok Utara.

Menurut bupati, pemilihan Kecamatan Gangga sebagai lokasi kegiatan TMMD tahun 2024 ini menjadi suatu kebanggaan bagi pemerintah maupun masyarakat Lombok Utara.

"Dengan adanya kegiatan ini tentu menjadi bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat yang merupakan satu pilar utama dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa serta mengatasi berbagai permasalahan seperti kemiskinan, pengangguran, dan pembangunan sumber daya manusia," ujar Djohan.

Setelah pembukaan TMMD, Danrem 162/WB beserta rombongan langsung meninjau lokasi TMMD ke-119 di Dusun Monggal, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga.

Turut hadir dalam peninjauan tersebut Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter Febrianto Ridawan bersama pejabat daerah serta pejabat dari kalangan TNI dan Polri.

Baca juga: Pangdam II/Sriwijaya: TMMD di wilayah Sumbagsel memuaskan
Baca juga: Peserta TMMD/N ke-118 tanam bibit pohon upaya lestarikan lingkungan
Baca juga: Pj Gubernur Sumut: TMMD bentuk sinergi sukseskan pembangunan daerah

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024