Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Lestari Moerdijat mengatakan tantangan pada sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) harus segera dijawab dengan langkah dan strategi yang tepat agar mampu mengakselerasi pertumbuhan di sektor ekonomi kerakyatan tersebut.

"Sejumlah tantangan di sektor UMKM nasional akan menjadi peluang untuk tumbuh bila kita serius dalam upaya mewujudkan berbagai langkah yang konsisten untuk menjawabnya," kata Lestari dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Rerie: UMKM harus jadi perhatian dalam tingkatkan ekonomi rakyat
Baca juga: Rerie: Kewirausahaan harus ditumbuhkan di kalangan muda sejak dini


Berdasarkan catatan Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia pada Agustus tahun lalu, setidaknya ada empat tantangan sektor UMKM di Indonesia pada 2024.

Tantangan tersebut, yakni mempertahankan UMKM dalam ekosistem digital, meningkatkan kapasitas, kualitas, dan produktivitas agar berkontribusi lebih besar terhadap perekonomian nasional, memperluas akses keuangan karena baru 25 persen UMKM Indonesia yang memiliki akses keuangan, serta menerapkan proses ramah lingkungan dalam produktivitas mereka.

Menurut perempuan yang akrab disapa Rerie itu, pemanfaatan teknologi digital membuka peluang sektor UMKM untuk mengakselerasi pertumbuhannya lebih besar. Dengan demikian upaya untuk mempertahankan sektor UMKM tetap dalam ekosistem digital harus konsisten dilakukan melalui sosialisasi dan edukasi literasi digital yang masif dan berkesinambungan.

Di samping itu, menurut dia, membuka lebih lebar akses keuangan terhadap UMKM sangat penting dalam upaya mengantisipasi akselerasi pertumbuhan yang terjadi.

Baca juga: MPR: Kemandirian energi penting untuk kemakmuran merata

Kendati demikian, kata Rerie, peningkatan kapasitas pengetahuan para pelaku UMKM terkait tren yang terjadi pada pasar global turut diperlukan sehingga produk yang dihasilkan dapat lebih ramah bagi pasar global.

"Isu bahan baku yang ramah lingkungan, saat ini tengah menjadi perhatian konsumen dan masyarakat di berbagai belahan dunia," tuturnya.

Dia pun sangat berharap para pemangku kepentingan di tingkat pusat maupun daerah terus berkolaborasi dengan baik untuk mengambil langkah yang tepat agar mampu menjawab sejumlah tantangan yang dihadapi sektor UMKM di Tanah Air.

"Terjawabnya tantangan di sektor UMKM itu diharapkan mampu ikut menopang pertumbuhan perekonomian nasional yang berujung pada pemerataan kesejahteraan rakyat yang lebih baik," ujar Lestari Moerdijat.

Baca juga: Lestari: Peningkatan kualitas perempuan dorong pengembangan pariwisata
Baca juga: Wakil Ketua MPR: Negara harus lindungi pejuang kelestarian lingkungan

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024