Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu bertekad untuk jemput bola dalam pelayanan terpadu keliling (PTK) kepada masyarakat kepulauan tersebut untuk memberikan layanan perizinan.

"Pelayanan Terpadu Keliling atau pelayanan jemput bola ini sangat membantu masyarakat Kepulauan Seribu untuk mengurus berbagai macam perizinan maupun non perizinan," kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra) Kepulauan Seribu, Alawi di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan pelayanan ini juga melibatkan unsur dari Kementerian, Kepolisian, maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Alawi juga meminta para camat dan lurah agar selalu mendukung dan menginformasikan kepada warganya ketika ada PTK ini.

"Kami berharap pesan ini sampai dan benar-benar dimanfaatkan masyarakat," kata dia.

Baca juga: Pelayanan terpadu keliling menjangkau Pulau Sabira

Sementara itu, Kepala Unit Pengelola Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (UPPMPTSP) Kabupaten Kepulauan Seribu, Erwin mengatakan pelaksanaan PTK tahun ini dilakukan dua kali dalam satu bulan dengan lokasi yang berbeda-beda pulau tiap pelaksanaannya.

Ia mengatakan pada 2023 UPPMPTSP Kepulauan Seribu melayani sebanyak 1.556 berkas dalam pelaksanaan pelayanan tersebut.

Ia mengatakan untuk pelaksanaan PTK pertama tahun ini akan dilaksanakan pada pekan keempat Februari 2024 di Kelurahan Pulau Tidung Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

Dirinya berharap pelayanan jemput bola ini dapat membantu warga pulau yang memang geografi kepulauan menjadi tantangan tersendiri.

"Masyarakat dapat mengurus perizinan maupun non perizinan secara mudah," kata dia.

Baca juga: Pelayanan keliling mudahkan warga urus perizinan di Kepulauan Seribu

Rapat persiapan PTK 2024 yang melibatkan pihak terkait di Gedung Mitra Praja, Jakarta digelar Selasa ini.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024