Sekarang sudah dalam proses penilaian investor, nanti kita informasikan hasilnya
Kabupaten Bogor (ANTARA) - PT Jabar Bersih Lestari yang merupakan anak perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Jawa Barat, PT Jasa Sarana, menyebutkan Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut-Nambo di Kabupaten Bogor, membutuhkan investasi senilai Rp900 miliar agar bisa beroperasi.

"Kami masih menunggu investor, kami dalam fase menjaring investor, saat ini masih berproses, sekitar Rp900 miliar investasinya," ungkap Direktur Utama PT Jabar Bersih Lestari (JBL) Gun Gun Saptari Hidayat di TPPAS Lulut Nambo yang berlokasi di Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu.

PT JBL yang merupakan anak perusahaan PT Jasa Sarana, akan menjalankan mekanisme kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) bersama investor atau perusahaan swasta dalam mengelola TPPAS Lulut Nambo.

Saat ini, sedang berlangsung proses penilaian terhadap perusahaan calon investor. Menurut Gun Gun, penilaian perlu dilakukan selektif mengingat calon investor sebelumnya sempat membatalkan pekerjaan di tengah jalan.

Baca juga: Pemkab Bogor susun penyediaan rest area di jalan tol angkutan tambang

"Sekarang sudah dalam proses penilaian investor, nanti kita informasikan (hasilnya). Awalnya investor pertama sudah sepakat untuk membangun, sudah dimulai, kemudian di tengah jalan bermasalah. Memang KPBU banyak dinamikanya. Kami mohon doa," kata Gun Gun.

Setelah pekerjaannya ditinggal investor, TPPS Lulut Nambo yang dibangun sejak 2017 akhirnya mendapatkan dukungan anggaran dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat berupa Penyertaan Modal Daerah (PMD) sekitar Rp60 miliar untuk merampungkan pembangunan tahap satu.

Kini selama masa uji coba, TPPAS Lulut-Nambo mampu mengolah 50 ton sampah per hari dan menghasilkan biomassa dan "refuse derived fuel" (RDF) sekitar 40 persen dari berat sampah yang diolah.

Gun Gun menyebutkan jika TPPAS Lulut-Nambo telah terbangun dari investasi Rp900 miliar, maka akan mampu mengolah sampah sekitar 1.800 ton hingga 2.300 ton sampah dalam sehari.

Baca juga: Ketua DPRD Bogor: Pemkab perlu bagi beban jalan tambang ke pemprov

Baca juga: Pemkab Bogor dukung percepatan terwujudnya KEK Lido

 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024