Labuan Bajo (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Manggarai Barat Fransiskus Sales Sodo memimpin aksi bersih sampah di Pasar Rakyat Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).
 
"Aksi bersih sampah di Pasar Rakyat Batu Cermin ini merupakan bagian dari cara Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat untuk merayakan Hari Ulang Tahun Ke-21 Kabupaten Manggarai Barat," katanya dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Rabu.

Baca juga: Pemkot Bandung fokus tangani pengelolaan sampah pasar tradisional
 
Dia menjelaskan seluruh pimpinan dan staf di lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat diinstruksikan untuk berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan kebersihan yang berlangsung pada Rabu mulai pukul 06.00 Wita hingga pukul 09.00 Wita.
 
"Para staf, baik yang PNS, PPPK maupun yang honor tersebar hingga ke sudut-sudut pasar. Mereka memungut sampah, mencabut rumput hingga mengingatkan para pedagang untuk sama-sama menjaga kebersihan Pasar Rakyat Batu Cermin dari sampah dan kotoran," katanya.
 
Untuk memperlancar aksi kebersihan ini, lanjut dia, Satuan Polisi Pamong Praja Manggarai Barat menyiapkan kendaraan pemadam kebakaran dengan kapasitas 5.000 liter air.

Baca juga: Temanggung mencanangkan gerakan pasar bebas sampah
 
Selain memberi instruksi langsung kepada para ASN, Sekda Fransiskus juga berdiskusi dengan para pedagang terkait sampah. Dia meminta para pedagang agar menjaga kebersihan Pasar Rakyat Batu Cermin.
 
Dia berharap setiap pedagang dapat menyediakan tempat sampah di tempat jualan masing-masing, sehingga sampah tidak berserakan dan memudahkan petugas sampah untuk memindahkannya ke bak sampah yang lebih besar untuk siap diangkut ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Warloka.
 
Setelah aksi kebersihan ini, sejumlah pedagang di Pasar Rakyat Batu Cermin menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat.

Baca juga: Mataram hadapi kendala dalam mengelola sampah pasar
 
Turut mendampingi Sekda Manggarai Barat yakni Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Manggarai Barat Yeremias Ontong dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Manggarai Barat Gabriel Bagung.

Pewarta: Gecio Viana
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024