Minggu ini kami sudah mulai melakukan rampcheck di beberapa titik untuk bus...
Ambon (ANTARA) - Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Provinsi Maluku mengecek sebanyak 37 kendaraan penumpang bus dan armada kapal penyeberangan antarpulau menjelang Ramadhan 2024.

Per 19 sampai 21 Februari ada tiga lokasi terminal yang didatangi petugas melakukan rampcheck, yakni Terminal Transit Passo sebanyak tujuh bus, Terminal Pool DAMRI Waiheru sebanyak lima bus, dan Terminal Hunimua sebanyak lima bus.

“Minggu ini kami sudah mulai melakukan rampcheck di beberapa titik untuk bus, sementara kapal sudah menjadi rutin mengingat pengawasan keselamatan penumpang. Saat ini sudah ada 20 yang diperiksa dan laik beroperasi untuk keseluruhan di Maluku,” kata Kepala Seksi Sarana dan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan BPTD Kelas II Maluku M Alfian, di Ambon, Rabu.

Pengecekan ini dalam rangka mengoptimalkan keselamatan perjalanan penumpang selama pergerakan mudik Ramadhan dan Lebaran. Langkah ini diambil untuk memastikan kesiapan armada transportasi umum dalam menghadapi lonjakan penumpang selama Ramadhan.

Ia mengatakan, ada beberapa bus yang saat dicek, belum layak untuk melakukan operasi, namun izin operasi hanya dikeluarkan oleh pemerintah daerah (pemda).

“Ada kalau bus yang hampir rata-rata sebenarnya nggak laik jalan, untuk kapal ada beberapa yang belum laik juga karena masih ada jalani perbaikan di galangan,” ujarnya lagi.

Sementara ini, ia belum dapat memastikan berapa banyak jumlah kendaraan bus dan armada kapal yang sudah dinyatakan laik dan tidak laik.

“Jumlahnya belum bisa kami kasih karena belum ada laporan dari lapangan. Minggu depan baru ada hasil lengkapnya,” ujarnya.

Ia menyatakan, pemeriksaan ini juga merupakan bagian dari upaya yang sejalan dengan komitmen untuk memberikan pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman bagi masyarakat yang melakukan perjalanan selama bulan Ramadhan.

“Saya berharap, perjalanan menjelang hingga pasca-Ramadan dan Idul Fitri, lancar, aman dan nyaman bagi warga. Dengan dilakukannya cek kesiapan bus dan kapal ini, kami ingin memastikan tidak ada yang mengalami kerusakan selama melayani masyarakat,” kata Alfian pula.
Baca juga: BPTD Maluku: Pelayaran tetap beroperasi, dipastikan aman walau hujan
Baca juga: BPTD Maluku optimalkan penyeberangan antarpulau dengan sistem reguler


Pewarta: Winda Herman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024