Jakarta (ANTARA) - Kasatgas Humas Operasi Nusantara Cooling System (NCS) Polri Brigjen Pol. Gatot Repli Handoko mengapresiasi peran ulama dalam membantu Polri mewujudkan pesta demokrasi Pemilu 2024 berjalan damai, aman dan lancar.

Hal itu disampaikan Gatot saat bersilaturahim ke kediaman Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf di Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah, Rabu.

“Terima kasih atas doa dan dukungan habib dan para tokoh agama lainnya sehingga Pemilu 2024 dapat berlangsung secara aman dan damai serta lancar. Apa yang disampaikan oleh para tokoh merupakan upaya penyejuk bagi umat,” kata Gatot.

Jenderal polisi bintang satu itu menyebut, kunjungan Ops NCS Polri ke kediaman Habib Syech untuk kedua kalinya dalam rangka mengucapkan terima kasih mewakili Kaops NCS Polri Irjen Pol. Asep Edi Suheri.

Menurut dia, Habib Syech selaku pimpinan Majelis Taklim Hababul Mustofa ini sangat membantu dalam tugas Polri dalam mendinginkan suhu politik atau cooling system di tengah-tengah masyarakat.

Dalam pertemuan tersebut, Habib Syech mengingatkan kembali kepada masyarakat Indonesia betapa penting dasar-dasar negara tentang persatuan dan kesatuan setelah prosesi Pemilu 2024 yang berlangsung tanggal 14 Februari.

"Alhamdulillah mari kita jaga negeri ini ke depan, lebih aman, lebih kondusif dan lebih bermanfaat insya Allah bagi kita semuanya bagi umat, mudah-mudahan kita jaga empat pilar, Pancasila, NKRI, UUD dan Bhinneka Tunggal Ika," kata Habib Syech.

Habib Syech mengatakan, bahwa dengan mengimplementasikan empat Konsensus tersebut dalam kehidupan bermasyarakat sejatinya demi kepentingan kehidupan masyarakat berkelanjutan. Sehingga Indonesia tetap rukun dan bersatu usai pemilu tahun ini.

"Mari kita rukun, kita damai, kita hidup berdampingan, masalah pasti ada, tetapi jangan kita menyelesaikan masalah dengan masalah, tapi hadapi masalah ini dengan tenang, selesaikan dengan bermusyawarah, amin insya Allah Indonesia aman, Indonesia selamat dan Indonesia lebih maju dan lebih bermanfaat dan bermartabat," ujarnya.

Habib Syech juga menyampaikan, dirinya merasakan adanya ketenangan, kedamaian dan kerukunan yang luar biasa setelah pemilihan, berkat kerja sama seluruh lapisan masyarakat.

"Bersama ulama, bersama para habaib, kiai, dan unsur TNI-Polri yang mana kita bisa kerjasama menyelamatkan, mengamankan, membuat tenang dan tentram masyarakat, dalam acara pemilu kemarin," kata Habib Syech.
Baca juga: Kaops NCS Polri ungkap peran penting ulama bantu jaga Pemilu damai
Baca juga: UAH apresiasi Kapolri bentuk tim cooling system pemilu
Baca juga: Polri gelar Operasi Nusantara Cooling System jelang Pemilu 2024


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024