Jakarta (ANTARA) - Kepala Operasi Nusantara Cooling System (Kaops) Irjen Pol. Asep Edi Suheri mengungkapkan peran penting ulama dalam mewujudkan pesta demokrasi pemilu 2024 berjalan aman dan damai.

“Untuk mewujudkan pesta demokrasi aman dan damai tidak akan berhasil tanpa bantuan dari para ulama, tokoh masyarakat dan stakeholders terkait,” kata Asep dalam kunjungannya di kediaman Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf di Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah, Rabu.

Dalam keterangannya, Asep menyampaikan bahwa para ulama dapat berperan dengan mengajak seluruh masyarakat serta menyerukan kepada masyarakat agar meminimalisir terjadinya perpecahan akibat dari beda pilihan dalam pemilu nanti.

"Tugas kami dari NCS Polri untuk meminimalisir mencegah terjadinya perpecahan, bagaimana meminimalisir konflik, tidak akan berhasil tanpa peran serta para tokoh agama ,masyarakat dan stakeholders lainnya,” ujar dia.

Asep yang juga menjabat sebagai Wakabareskrim itu berharap pesta demokrasi bisa aman, lancar, persatuan kesatuan tetap utuh jangan sampai terpecah-belah.

Sementara itu Habib Syech mengapresiasi upaya kepolisian dalam pengamanan pemilu 2024 agar berjalan lancar sesuai harapan masyarakat.

Menurut dia, menciptakan situasi yang kondusif bukan hanya tugas Polri-TNI.

"Alhamdulillah, Masya Allah, apa yang disampaikan ini tugas bersama, bukan hanya tugas TNI Polri untuk bisa ciptakan aman kondusif di negeri, pesan itu selalu saya sampaikan di majelis saya," kata Habib Syech.

Dalam kesempatan itu, Habib Syech menegaskan agar siapapun yang terpilih nantinya, masyarakat tetap bersatu mendukung pemimpin yang telah dipilih dalam proses pemilihan umum.

“Saya menginginkan Indonesia aman, saya tidak memihak paslon a, b dan c. Silahkan jamaah saya pilih siapa pun, tidak harus mengatakan pilihan saya lebih baik dari pilihan anda. Artinya semuanya baik-baik,” kata Habib Syech.

Habib Syech juga menyayangkan perkembangan di media sosial saat ini yang mulai memanas dalam mengusung calon masing-masing.

Dia berharap Polri dapat mengantisipasi dan memastikan pemilu saat ini dan setelahnya dapat terwujud aman dan damai.

“Jangan ada yang coba mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. Insya Allah kami selalu siap bekerja sama dan Insya Allah doa selalu kami panjatkan," ujarnya.

Sebelumnya, Tim Operasi NCS Polri sebelum sowan ke kediaman Habib Syech, juga bersilaturahmi ke tempat KH Ahmad Baharuddin Nursalim (Gus Baha) di Rembang, Jawa Tengah.

Baca juga: Kaops NCS Polri sowan ke Gus Baha jaga pemilu damai
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024