PBB, (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry akan mengunjungi Jepang dan Indonesia pekan depan untuk memperbarui upaya AS membangun hubungan di Asia, di tengah fokusnya mengenai Timur Tengah, kata para pejabat Kamis.

Menurut AFP, Kerry akan bergabung dengan Menteri Pertahanan Chuck Hagel untuk pembicaraan keamanan dengan sekutu dekat AS, Jepang, pada 2-3 Oktober di Tokyo, kata juru bicara Departemen Luar Jen Psaki.

Pertemuan tersebut akan memberikan "kesempatan untuk membangun hubungan bilateral kami yang sudah luas dan komprehensif," katanya dalam sebuah pernyataan.

Kerry kemudian akan menuju ke Bali, Indonesia untuk mengadakan pembicaraan dalam forum Kerja sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC), bergabung dengan Presiden Barack Obama pada KTT tersebut.

"APEC adalah forum utama untuk memfasilitasi pertumbuhan ekonomi, kerja sama, perdagangan, dan investasi di kawasan Asia-Pasifik," kata Psaki.

"Mempromosikan perdagangan dan investasi di kawasan Asia-Pasifik tetap menjadi komponen penting AS dalam menyeimbangkan kebijakannya."

Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013