Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menguatkan diplomasi olahraga Indonesia dengan Rusia, usai mengadakan pertemuan dengan Menpora Rusia Oleg Matytsin di Kazan, Rusia.

Dilansir dari keterangan resmi Kemenpora, Kamis, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Dito Ariotedjo mendorong peningkatan kerja sama yang lebih erat antar kedua negara di berbagai cabang olahraga.

“Saya berharap peningkatan kerja sama yang lebih erat di beberapa cabang olahraga seperti badminton, atletik, gymnastic, renang, sepak bola, gulat, dan pecak silat. Harapannya ini akan mendorong prestasi dan hubungan yang lebih baik bagi kedua negara,” kata Menpora Dito Ariotedjo.


Baca juga: Akuatik Indonesia pastikan tetap awasi latihan mandiri atlet

Menpora Rusia Oleg Matytsin berharap dengan kerja sama yang terjalin antara Indonesia dengan Rusia dapat membawa keuntungan besar baik dari segi kompetisi internasional maupun dalam pertukaran budaya dan pelatihan atlet.

“Kami berharap kerja sama yang lebih erat ini akan membawa keuntungan besar bagi kedua negara, baik dalam kompetisi internasional maupun dalam pertukaran budaya dan pelatihan atlet,” ujar Menpora Oleg Matytsin.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Oleg juga mengundang Indonesia untuk hadir dalam acara BRICS Sports Games yang akan berlangsung pada Juni 2024.

Turut hadir dalam rangkaian pertemuan tersebut adalah Wakil Perdana Menteri Rusia Dmitry Chernyshenko, Duta Besar Indonesia untuk Rusia Jose Tavares, dan Tenaga Ahli Menpora Hamdan Hamedan.

Selain mengadakan pertemuan dengan Menpora Oleg, Menpora Dito juga menghadiri pembukaan Games of the Future yang mengusung konsep phygital, yaitu kombinasi antara olahraga fisik dan digital.

“Games of future bukan hanya tentang inovasi, tapi juga tentang mengakomodasi keinginan banyak orang tentang perpaduan olahraga fisik dan digital,” pungkas Menpora Dito.

Baca juga: KONI kerja sama dengan LAK Galuh Pakuan bangun kawasan pembinaan atlet

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024