Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto sowan ke Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf di Kantor PBNU, Jakarta, Kamis, untuk pertama kalinya sejak dilantik sebagai menko polhukam.

Hadi mengatakan dia sengaja datang ke Kantor PBNU dan bertemu Gus Yahya, panggilan akrab Yahya Cholil Staquf, untuk berkoordinasi mengenai situasi keamanan dan ketertiban ke depan, terutama sampai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029 dilantik pada 20 Oktober 2024.

"Oleh sebab itu, agenda penting yang harus saya lakukan adalah harus berkoordinasi dengan tokoh-tokoh, kemudian ormas (organisasi kemasyarakatan), adalah bagian dari komponen bangsa yang harus dipegang erat," kata Hadi saat jumpa pers usai pertemuan di Kantor PBNU, Jakarta, Kamis.

Baca juga: Wapres nilai Hadi Tjahjanto paham menjaga politik tetap kondusif

Mantan menteri agraria dan tata ruang itu menambahkan sejauh ini dia telah berkoordinasi dengan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo. Dari keduanya, Hadi menerima laporan bahwa situasi Indonesia sampai saat ini aman dan kondusif.

"Ini yang harus dijaga kondisinya, sehingga agenda sampai akhir tahun nanti semua terjaga dengan baik," tambah Hadi.

Dia menekankan tokoh-tokoh agama, termasuk PBNU, merupakan mitra penting pemerintah untuk menjaga situasi tetap kondusif.

Baca juga: Hadi Tjahjanto ungkap dua prioritas kerjanya sebagai Menko Polhukam

"PBNU ini adalah organisasi kemasyarakatan yang sangat besar, yang berfalsafah keagamaan, mulai dari struktural sampai dengan kultural. Oleh sebab itu, (PBNU) memiliki peran yang besar untuk berkontribusi terhadap situasi yang kondusif seperti saat ini pascapileg, pilpres, tanggal 14 Februari 2024," jelas Hadi.

Dalam pertemuan itu, Hadi menjelaskan dirinya bersama Gus Yahya juga berdiskusi tentang kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan untuk menjaga kerukunan dan memelihara situasi Indonesia tetap aman dan tenteram.

"Kami bisa lakukan beberapa kegiatan di lapangan untuk bisa mengajak masyarakat tetap tenang dan oleh Ketua Umum PBNU sempat kami bicarakan," kata dia.

Baca juga: Hadi Tjahjanto ingin jaga situasi kondusif hingga bertemu Mahfud MD

Sementara itu, dalam jumpa pers tersebut, Gus Yahya mengaku siap membantu pemerintah untuk menjaga situasi tetap tenteram selama tahun politik sampai nanti ada presiden baru yang terpilih.

"Insyaallah kami mampu menjaga keadaan yang sudah kondusif," kata Gus Yahya.

Hadi Tjahjanto, yang dilantik sebagai menko polhukam oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2), mendapat tugas dari Jokowi untuk menjaga situasi bangsa Indonesia tetap aman dan tertib.

Tugas itu pun menjadi salah satu prioritas kerja Hadi, selain juga memastikan Satgas BLBI tetap bekerja menagih utang para obligor BLBI, serta kerja-kerja rutin lain di Kemenko Polhukam.

Baca juga: Hadi ingin masukan Mahfud demi tuntaskan PR di Kemenko Polhukam

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024